Wacana Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015

MEDAN | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menyatakan apresiasi atas rencana Pemilihan Puteri Melayu 2015 yang akan berlangsung sejak awal Agustus hingga November mendatang.

Panitia Pemilihan Putera Puteri MelayuKEPALA BARESKRIMApresiasi tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi saat menerima kunjungan panitia Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 di rumah dinasnya, Jl Teuku Daud Medan, Senin (13/4/2015).

Hadir dalam kunjungan itu, Penanggungjawab Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 Prof DR Ir Ilmi Abdullah, Sekretaris Dr Tengku Yohanita SpTHT-KL, Wakil Sekretaris Muhammad Abrar Amd, Divisi Penjurian Dr Mahriyuni MA, Humas Akhwanul Akmal SP MSi dan Perwakilan Rumah Film Indonesia (RuFI) Ivan Nobori SSos.

Erry menyatakan, Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 merupakan kegiatan positif bagi generasi muda dalam upaya melestarikan budaya nasional, khususnya resam dan kearifan local budaya Melayu.

“Dengan adanya kegiatan Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015, budaya bangsa akan tetap lestari. Event ini juga sangat baik dalam merangsang tingkat kunjungan wisatawan, terutama dari beberapa Negara serumpun,” sebut Erry.

Erry berpesan, Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 harus menjunjung tinggi adab berpakaian, lenggok, budaya keramahan dan tetap mengedepankan kebersamaan.

“Melayu mengedepankan kepribadian cemerlang, beriman, taqwa dan berbudi pekerti. Budaya ini jangan sampai terabaikan,” pesan Erry.

Tidak lupa, Erry mengajak seluruh masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015, karena Melayu tidak hanya suku, tetapi resam yang melingkupi seluruh masyarakat, tidak hanya di pesisir pantai timur Sumatera, namun juga kesekuruh penjuru tanah air hingga kesejumlah Negara tetangga.

“Melayu kini menjadi resam dan sebuah kearifan lokal yang tidak dapat dipisahkan oleh suku. Melayu juga sebagai nedia pemersatu bangsa, melalui bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Melayu. Melayu juga tidak milik sekelompok orang, tetapi kini telah menjadi milik nasional,” jelas Erry.

Sementara Sekretaris Panitia Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015, Tengku Yohanita mengatakan, tujuan dari kegiatan adalah menyiapkan generasi muda yang memiliki pribadi cemerlang, cerdas, kreatif, beriman, bertaqwa dan berbudaya.

“Generasi muda harus menjadi insan cerdas, pintar, berbakat, tangguh dan berbudaya. Ini akan membangun karakter bangsa yang tangguh dan memiliki rasa nasionalisme kuat,” jelas Yohanita.

Lebih dari itu, Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 sebagai suatu aksi dan reaksi dalam mengaktualisasikan Deklarasi UNESCO yaitu menjaga warisan Kebudayaan Rumpun bangsa di dunia.

“Masyarakat harus memiliki dalam perkembangan zaman, namun tidak melupakan budaya sebagai akar peradabab bangsa-bangsa di dunia,” tambah Yohanita.

Perkembangan jaman harus dibarengi dengan kesadaran, rasa solidaritas dan toleransi dari berbagai perbedaan dilingkunagn masyarakat.

Yohanita juga mengatakan, Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 merupakan cikal bakal dibentuknya Yayasan Putera Puteri Melayu sebagai wadah kegiatan seni budaya, pendidikan dan keterampilan luar sekolah untuk remaja pemuda dan pemudi Indonesia khususnya di Sumatera Utara sebagai aksi pelestarian warisan Kebudayaan Rumpun bangsa Melayu.

“Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung tiap tahun. Operasional yayasan nantinya akan diperoleh dari iuran anggota, donator, sponsor dan pihak terkait, termasuk Pemerintah Daerah,” ucap Yohanita.

Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 sendiri akan berlangsung dalam beberapa tahap. Tahap pertama yakni registrasi, akan dimulai pada 1 Agustus 2015 mendatang. Kemudian peserta akan mendapatkan pembekalan ilmu pengetahuan dan wawasan kebudayaan rumpun Melayu, kompetisi bakat dan Grand Final akan digelar akhir November 2015.

“Selaian pengumuman para pemenang dan pemberian hadiah, dalam acara grand final, juga akan dimeriahkan dengan pemutaran film kegiatan Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 dan hiburan,” tambah Yohanita.

Yohanita berharap, Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 ini dapat dimanfaatkan oleh sponsor, perusahaan-swasta ataupun pemerintah yang ingin mengembangkan usaha mereka serta menjadikan ajang pemilihan ini sebagai ikon pariwisata dan pemasaran produk-produk usaha yang berkualitas.

“Ajang pertunjukan, pariwisata dan promosi produk usaha yang dapat di nikmati oleh semua pengunjung yang datang sehingga semua akan lebih mudah menyatu kedalam suasana kemeriahan Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 nantinya,” papar Yohanita.

Secara sederhana, acara ini juga dimaksudkan mengapresiasikan semua pengetahuan dan bakat para pencinta Kebudayaan Melayu dan karya kreatifitas anak bangsa yang membanggakan untuk ditampilkan secara meriah dan berbeda dalam Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 . Selain itu juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme pada generasi muda saat ini.

Bagi anda yang tertarik ikut, dapat mendaftarkan diri di Perpustakaan Tengku Lukman Sinar Jl Abdullah Lubis N0. 42/47 Medan, Rumah Film Independent ( RuFI) Jl. Luku 1 No.23 – Komp Golden Palace, Simpang Pos Medan. Kontak Person : Telp. Kantor 0614573330 Yul Andana hp 08126089983 Ely hp 081361729167 – Abrar (081370336559). (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *