EdukasiHeadlineIndeks

Mahasiswa UMSU Jangan Takut Gagal Jadi Wirausaha

MEDAN | Seorang wirausaha harus memiliki keberanian karena dalam menekuni sesuatu usaha pasti akan ada kegagalan. Tetapi semua itu harus dicoba dan beresiko. Jika kita masih terus mikir-mikir maka kita tidak akan sukses.

KEPALA BARESKRIM“Harus ada action dalam berusaha. Tidak ada kata tidak bisa, semua harus dicoba dan tentunya harus berani menerima resiko,” ucap Pemuda Pelopor Sumut yang juga Entrepreneurship Sukses, Khairul Mahali saat menjadi pembicara pada Seminar Enterpreneurship 2015 yang digelar Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) dan Kewirausahaan UMSU di ruang Auditorium UMSU, Jalan Muktar Basri Medan, Kamis (16/4/2015).

Berbicara dengan penuh semangat dan tegas, Khairul Mahali memotivasi 250 mahasiswa UMSU yang memenuhi ruang auditorium.

Dia mengaku, dalam berwirausaha harus dilakukan secara bertahap, mulai dari yang kecil-kecil dan tentunya harus ulet.

Selain itu, mahasiswa diminta untuk membangun jaringan dengan masuk organisasi baik di UMSU, maupun organisasi eksternal dengan mahasiswa dari kampus lain.

“Langkah ini dilakukan sebagai bentuk membangun jaringan sehingga ketika membuka usaha pemasarannya akan terbantu. Saya hadir di sini dalam rangka untuk mempromosikan apa yang saya lakukan,” ucapnya.

Khairul Mahali yang merupakan anak pensiunan karyawan PTPN IX ini mengajak mahasiswa UMSU harus berani bermimpi untuk bisa berhasil menjadi yang terbaik dan berdaya saing dengan lulusan lain.

Untuk berhasil, katanya mahasiswa harus berani mencoba apapun kerja. “Saya bangga ada 10 mahasiswa UMSU pada acara ini yang kuliah sambil bekerja. Sebagai ungkapan bangga saya undang mereka bertemu dengan para pemuda yang menjadi utusan pemuda pelopor di sejumlah negara ASEAN pada (18/4/2015).

Khairul Mahali berbicara tentang peranan mahasiswa dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Dia menegaskan, modal utama agar bisa bersaing adalah pengusaan bahasa karena faktor bahasa sangat menentukan.

Faktor lain, harus ada produk-produk keunggulan yang bisa diunggulkan. “Saya minta UMSU harus menjadi pelopor mahasiswa memenuhi pasar ASEAN. UMSU harus berani mendeklarasikan sebagai pusat kewirausahaan mahasiswa,” ucap Khairul Mahali. (ucup/B)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close