Wagub Ajak Hanudnas III Medan Sinergi Jaga Pulau Terluar Sumatera

MEDAN | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengajak Pangkalan Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangko Hanudnas) III Medan untuk bersinergi dalam mengamankan wilayah udara Sumut dan sejumlah daerah di wilayah Indonesia bagian barat.

Pangkosek Hanudnas III MedanKEPALA BARESKRIMHarapan itu disampaikan Tengku Erry Nuradi saat menerima silaturahmi Pangkosek Hanudnas III Medan yang baru, Pamen Srena AU Kolonel (Pnb) Arief Mustofa di rumah dinasnya Jl Teuku Daud Medan, Kamis (23/4/2015).

Erry menyebutkan, Indonesia memiliki 92 pulau terluar. Sebanyak 12 pulau berbatasan dengan laut lepas dan 80 pulau lainnya berbatasan langsung dengan 10 negara tetangga, yaitu Australia, Malaysia, Singapura, India, Thailand, Vietnam, Fillipina, Palau, Papua Nugini dan Timor Leste.

Pulau-pulau tersebut tersebar di 9 provinsi. Sebagian besar pulau berada di Provinsi Kepulauan Riau dan Maluku. Hanya setengah dari pulau-pulau tersebut yang telah berpenghuni dengan luas pulau antara 0,02-2000 km².

“Pulau terluar di wilayah Sumut ada di Kepulauan Nias yakni pulau Wunga, kemudian pulau Pandan di wilayah Batubara, pulau Sokong Kakek dan Pulau Sokong Nenek di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai. Pulau itu sebagian tidak berpenghuni,” ujar Erry.

Erry menilai, Kosek Hanudnas III Medan merupakan satuan strategis yang dapat melakukan pengawasan melalui udara agar tidak dikuasai pihak asing.

“Kedaulatan NKRI wajib kita jaga bersama. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berharap, Kosek Hanudnas III Medan juga melakukan pemantauan udara atas aktivitas di pulau pulau terluar, baik dari penguasan asing maupun lokasi persinggahan dalam menyusupkan narkotika melalui jalur laut,” harap Erry.

Pangko Hanudnas III Medan sebagai bagian dari anggota Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD) Sumut diharapkan bersinergi dalam menjaga kondusifitas keamanan agar roda pembangunan, iklim usaha dan investasi berjalan dengan baik.

“Selamat datang dan selamat bertugas di Medan. Mari kita satukan visi misi dalam menjaga kedaulatan NKRI,” sebut Erry.

Sementara Pangko Hanudnas III Medan, Pamen Srena AU Kolonel (Pnb) Arief Mustofa menyatakan bangga bisa bertugas di Medan. Apalagi setelag bertugas beberapa hari telah bertemu dan berkoordinasi dengan FKPD Sumut.

“Kondusifitas wilayah udara salah satu faktor penentu dari stabilitas nasional. Saya mohon Pemerintah Provinsi Sumatera Utara membantu tugas-tugas saya menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia bagian barat,” harap Arief.

Arief juga berharap kepada Wagub untuk mengenalkan Sumut lebih banyak lagi. “Masih banyak hal-hal yang belum kami pelajari tentang Sumut dan kami akan melaksanakan tugas kami yang utama, yakni pertahanan udara. Biarlah kami yang terbang siang malam. Silahkan bapak dan ibu tidur tenang dan bekerja sehingga bisa membangun daerah dengan baik,” ujar Arief.

Pamen Srena AU Kolonel (Pnb) Arief Mustofa sebelumnya menggantikan Pangko Hanudnas III Medan yang lama, Marsma TNI Supriharsanto yang kini mengemban jabatan baru sebagai Kas Kohannudnas. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *