Wagub Harapkan Penguasaha Kontruksi Manfaatkan Peluang MEA

MEDAN | Wakil Gubernur (Wagub) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mendorong Gabungan Pengusaha Konstruksi Indonesia (Gapensi) Sumut meningkatkan kualitas dan profesionalisme agar dapat bersaing dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan diberlakukan akhir Desember 2015 mendatang.

Gapensi SumutKEPALA BARESKRIMHarapan itu dikemukan Tengku Erry Nuradi saat menerima audiensi pengurus Gapensi Sumut diruang kerjanya kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Selasa (5/5/2015).

Hadir dalam audiensi Ketua Umum Gapensi Sumut Tiopan Manuasa Pardede, Wakil Ketua Ir Tongam Tobing, Sekretaris Surung Panjaitan dan sejumlah pengurus lainnya. Sementara Wagub Sumut didamping Staf Ahli Gubernur Sumut Bidang Ekonomi, SDA dan Keuangan Ir Riadil Akhir Lubis MSi dan mewakili Kepala Biro Administari Pembangunan Raja Sahnan.

Erry menyebutkan, Gapensi salah satu organisasi yang telah matang dan memiliki banyak pengalaman dibidangnya dibandingkan dengan organisasi kontruksi lainnya.

“Saya yakin, pengalaman dan kematangan Gapensi dapat melihat peluang, mampu bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN nantinya. Apalagi Gapensi Sumut dibawah pimpinan Bapak TM Pardede,” ujar Erry.

Era MEA nantinya akan terbuka 8 bidang yang dapat memicu tingkat persaingan Negara ASEAN yakni teknik sipil, arsitek, kedokteran umum, kedokteran gigi, keperawatan, akuntansi dan perdagangan dan pariwisata.

“Kontruksi sangat berkaitan dengan bdang teknik sipil dan arsitek. Dua peluang ini harus kita menangkan di negara sendiri. Jangan sampai kita tersingkir karena tenaga ahli dari negara ASEAN lainnya memberikan pelayanan dan kualitas jauh lebih baik,” ujar Erry.

Erry berpesan, untuk membekali anggota Gapensi dengan berbagai keahlian dalam upaya meningkat kualitas SDM. Salah satunya dengan menggelar seminar yang dirangkai dengan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Gapensi Sumut yang akan berlangsung pada 11 Mei 2015 nantinya.

“Persaingan makin ketat. Jangan sampai jadi penonton di negeri sendiri. Seluruh masyarakat, termasuk anggota Gapensi harus meningkatkan keahlian. Pemerintah Sumatera Utara sangat membutuhkan masukan dari Gapensi demi mendorong laju pembangunan,” harap Erry.

Sementara Ketua Umum Gapensi Sumut TM Pardede mengatakan, Rapmda Gapensi Sumut akan berlangsung di Hotel Tiara Medan. Salah satu pembahasan dalam Rapimda nantinya mengulas tentang situasi terkini dan strategi dalam menyambut era MEA.

“Kami berharap seluruh perwakilan Gapensi di Sumut akan hadir. Pihak penyelenggara juga akan mengundang Komisi V DPR RI, Badan Pemeriksa Keuangan dan kalangan pakar konstruksi serta dari pemerintahan.. Para narasumber nantinya akan berbagi pengalaman bagaimana strategi meyambut era MEA,” jelas Pardede. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *