Akibat Mabok

Catatan: Munawir Pasaribu, MA

Miras atau minuman keras dapat menghilangkan akal sehat manusia dan jika sudah begitu maka perbuatannya tidak dapat dikendalikan dan tidak sadar. Tidak sedikit kejadian akibat minuman keras seperti kecelakaan lalu lintas, pembunuhan, perkelahian, dan sebagainya. Maka agama Islam mengharamkan miras.

KEPALA BARESKRIMKisah seorang pemuda yang beriman tatkala itu terjebak dirumah seorang perempuan muda yang sangat cantik. perempuan itu membujuknya agar dirinya mau melakukan hubungan intim seperti suami dan istri, namun pemuda itu dengan tegas menolaknya.

Perempuan tersebut mengancam kalau tidak mau maka akan berteriak dan mengatakan kalau diperkosa oleh pemuda beriman tadi. keadaan semakin sulit dan terjepit, memutuskan pemuda beriman tadi tidak bisa keluar dari rumah.

Kemudian perempuan tadi mengambil anak bayi dan minuman keras, dan pemuda terebut disuruh memilih, Pertama berhubungan intim, kedua membunuh anak bayi dan ketiga minum khamar atau miras.

Kemudian pemuda itu pun langsung menolak pilihan yang pertama karena berzina adalah dosa besar. Kemudian pemuda itu juga menolak membunuh anak bayi kedua.

Pemuda itu memutuskan memilih meminum khamar, sekalipun berdosa, tapi hanya merugikan dirinya sendiri karena tidak melibatkan orang lain. Setelah dipikir-pikir, pilihan terakhir terasa paling ringan risikonya dibanding harus diarak massa karena tuduhan asusila. akhirnya, sang pemuda memilih meminum arak.

Seteguk dua teguk sampai akhirnya mabuk. Dalam Keadaan mabuk, pemuda beriman tersebut tidak mampu mengendalikan diri hingga kemudian berbuat berzina dengan perempuan cantik dihadapannya. Setelah melakukan dosa besar kedua, perempuan tersebut mencoba merayunya menghilangkan nyawa sang bayi hingga perbuatan yang mustahil dilakukan dalam keadaan sadar pun terjadi.

Minuman keras sudah diharamkan dalam Islam untuk dikonsumsi oleh manusia, karena berdampak buruk bagi pengguna atau pun orang disekitarnya. dalam surat almaidah ayat 90 orang yang beriman itu harus menolak minuman khamar karena perbuatan syetan, serta berdampak dalam melakukan ibadah kepada Allah.

Menurut seorang ulama ketermuka Yusuf Qardhawi berpendapat khamar adalah bahan yang mengandung alkohol yang memabukkan. Untuk lebih jelasnya, di sini akan kami sebutkan beberapa bahaya khamar terhadap pribadi seseorang, baik akalnya, tubuhnya, agamanya dan dunianya.

Akan kami jelaskan juga betapa bahayanya terhadap rumahtangga ditinjau dari segi pemeliharaannya maupun pengurusannya terhadap isteri dan anak-anak. Dan akan kami bentangkan juga betapa mengancamnya arak terhadap masyarakat dan bangsa dalam existensinya, baik yang berupa moral maupun etika.

Sungguh benar apa yang dikatakan oleh salah seorang penyelidik, bahwa tidak ada bahaya yang lebih parah yang diderita manusia, selain bahaya arak. Kalau diadakan penyelidikan secara teliti di rumah-rumah sakit, bahwa kebanyakan orang yang gila dan mendapat gangguan saraf adalah disebabkan arak. Dan kebanyakan orang yang bunuh diri ataupun yang membunuh kawannya adalah disebabkan arak.

Termasuk juga kebanyakan orang yang mengadukan dirinya karena diliputi oleh suasana kegelisahan, orang yang membawa dirinya kepada lembah kebangkrutan dan menghabiskan hak miliknya, adalah disebabkan oleh arak. Hanya orang beriman dan bertakwa saja yang mampuh menjadi pengawal seorang muslim dalam menolak miras.

Kesimpulan

Tidak sedikit kita menemukan warung-warung yang menyedikan aneka minuman keras atau khamar. Maka sebagai seorang muslim harus menolak keberadaannya karena bisa berdampak buruk bagi pelaku dan orang disekitarnya. Terkhusus kepada pengambil kebijakkan publik yakni penegak hokum dan pemerintah harus berani untuk menindak lanjutinya agar tidak marak keberadaannya. Dan kita sebagai seorang muslim harus berani tidak mengkomsumsi menimuman haram tersebut. Fastabiqul Khairat

(Dosen UMSU/ Kader Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *