HeadlineIndeksSosial

Mahasiswa Karo Bersihkan Perkuburan Muslim

MEDAN | Jajaran pengurus dan anggota Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (DPC HMKI) Kota Medan, menggelar gotong royong membersihkan perkuburan Muslim Padang Bulan Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Medan Baru, Selasa (16/6/2015).

KEPALA BARESKRIMPembersihan ini dilakukan agar masyarakat yang berziarah dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1436 H lebih tenang dan nyaman.

Selain perkuburan, HMKI bekerjasama dengan unsur Kecamatan Medan Baru juga membersihkan halaman Masjid Al Hasanah yang berada persis di belakang perkuburan tersebut. Gotong royong ini dilakukan sebagai bentuk rasa kepedulian HMKI terhadap umat Muslim sekitar kawasan Padang bulan dalam menyambut datangnya bulan puasa.

“Besok merupakan puncak umat muslim sekitar kawasan Padang Bulan berziarah untuk menyambut datangnya bulan puasa. Untuk itulah kita bergotong royong membersihkan perkuburan ini. Kita harapkan gotong royong ini dapat memberikan manfaat bagi saudara-saudara kita yang datang berziarah,” kata Ketua DPC HMKI Kota Medan, Gelora Kurnia Ginting Putra SSTP.

Begitu juga dengan pembersihan halaman berikut taman di Masjid Al Hasanah, kata Gelora, dilakukan untuk memberikan kesan lebih bersih dan indah sehingga diharapkan dapat menambah kekhusukan para jamaah yang menunaikan shalat. Apalagi, Rabu (17/6/2015), merupakan malam pertama pelaksanaan shalat Tarawih.

Dijelaskan Gelora, gotong royong ini dilakukan untuk membuktikan bahwa kehadiran HMKI tidak hanya sekedar gagah-gagahan tetapi ingin memberikan manfaat bagi masyarakat. Pasca pelantikan beberapa hari lalu, DPC HMKI Kota Medan telah mempersiapkan sejumlah program yang intinya untuk membantu masyarakat, terutama amsyarakat Karo.

Ketua I DPC HMKI Kota Medan, Muhammad Edison Ginting menambahkan, sebenarnya gotong royong untuk membersihkan kuburan dan halaman masjid Al hasanah sudah lama direncanakan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Namun rencana itu baru sekarang bisa direalisasikan, sebab seluruh jajaran pengurus disibukkan dengan persiapan pelantikan. “Alhamdulillah, begitu usai pelantikan kita langsung action melaksanakan gotong royong ini. HMKI tidak ingin menghasilkan karya kata tetapi karya nyata yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Untuk itu HMKI selalu membuka pintu bagi siapa saja yang ingin bekerjasama dalam membantu masyarakat,” ungkap Ginting.

Ditambahkan Ginting lagi, seluruh pengurus akan menggelar pertemuan untuk membahas kegiatan apa selanjutnya yang akan dilaksanakan di bulan puasa yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Dengan kepengurusan yang dihuni anak-anak muda, Ginting optimis banyak kreasi dan inovasi yang akan dilahirkan HMKI nantinya.

Sementara itu, Sekcam Medan Baru, Harry I Tarigan SSTP mewakili Camat Medan Baru sangat mendukung dan mengapresiasi gotong royong yang dilakukan HMKI. Sebab, kegiatan itu sangat membantu Kecamatan Medan Baru dalam bidang kebersihan.

Apalagi, kebersihan merupakan salah satu program prioritas yang tengah dilaksanakan. “Karena itulah kita menurunkan anggota untuk membntu gotong royong, sehingga hasilnya lebih maksimal lagi,” ungkap Harry.

Untuk itulah, Harry mengajak, HMKI bekerjasama dengan Kecamatan Medan Baru, terutama dalam bidang sosial. Apalagi dirinya juga masuk dalam jajaran kepengurusan DPC HMKI Kota Medan.

“Saya melihat banyak sekali bakat dan potensi yang dimiliki anggota HMKI untuk dapat kita eksplorasi guna mendukung program-program di Kecamatan Medan Baru, terutama bersentuhan langsung dengan masyarakat,” paparnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TRENDING
Close
Back to top button