Wagub Ajak Masyarakat Labusel Jaga Keamanan Sambut Pilkada

KOTAPINANG | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengajak seluruh masyarakat menjaga ketertiban dan keamanan jelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berlangsung secara serentak di 23 Kabupaten/Kota di Sumut pada 9 Desember 2015 mendatang.

Bantuan RamadhanKEPALA BARESKRIMImbauan tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi dalam acara berbuka puasa bersama tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut dengan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu Selatan (Labusel) di rumah dinas Bupati Labusel, H Wildan Aswan Tanjung SH MM, Jl Jawa, Kotapinang, Rabu (24/6/2015).

Erry menegaskan, keamanan dan ketertiban tidak hanya tanggungjawab pemrintah, Polri dan TNI, namun juga tanggungjawab seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali. “Menjaga keamanan dan ketertiban adalah tanggungjawab kita bersama. Semua masyarakat,” sebut Erry.

Perbedaan pendapat, pandangan politik dan dukungan merupakan hal yang wajar, namun jangan sampai menimbukkan gesekan apalagi memicu konflik vertikal maupun hozontal.

“Kabupaten Labusel adalah salah satu dari 23 kabupaten dan kota di Sumut yang akan menggelar Pilkada. Untuk itu, saya berharap seluruh lapisan masyarakat melebur dalam kebersamaan. Proses pembangunan akan berjalan baik jika tercipta keamanan dan ketertiban,” jelas Erry.

Erry menyatakan, kedatangan rombongan tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut ke Labusel, selain menjalin silaturahmi dengan jajaran Pemkab Labusel, juga melihat perkembangan pembangunan sekaligus menggali informasi terkait kendala yang dihadapi daerah dalam mendorong laju pembangunan.

“Tim akan merangkum sejumlah informasi dari daerah yang dikunjungi, baik itu perkembangan pembangunan, kendala dan masalah yang dihadapi. Selanjutnya informasi itu akan diulas ditingkat provinsi, kemudian akan dilanjutkan kepada pemerintah pusat,” tambah Erry.

Dari pengamatan, Erry menyatakan, pembangunan di Labusel berjalan baik. Sejumlah daerah mengalami perkembangan signivikant pasca pemekaran 7 tahun lalu. Perkembangan tersebut akan mengalami lonjakan jika program pembangun rel keretaapi yang menghubungkan stasiun keretaapi Rantau Prapat menuju Dumai terealisasi dalam waktu dekat.

“Informasi terakhir yang kita terima, rencana pembangunan rel keretaapi dari Rantau Prapat menuju Kota Dumai akan memasuki tahap tender tahun ini. Mari kita doakan bersama agar program ini tidak mengalami kendala, agar akses transportasi massal antarprovinsi segera terwujud,” ajak Erry.

Begitu juga dengan program pembangunan jalan tol Trans Sumatra yang menghubungkan Medan menuju Tebing Tinggi, kemudian dilanjutkan hingga ke Dumai, Riau, sepanjang 354 km yang kini sedang dalam proses penyusunan desian oleh investor dari Korea Selatan.

“Tentu jalan tol ini akan membuka akses sangat luas bagi sejumlah kabupaten dan kota yang dilaluinya. Labusel salah satunya. Saya optimis, perkembangan pembangunan akan semakin pesat di Labusel,” ucap Erry.

Erry tidak lupa mengajak Pemkab Labusel, Muspida dan segenap elemen masyarakat untuk saling dukung dalam upaya pemberantasan narkoba.

Berdasarkan data BNN, dari 14 juta jiwa penduduk Sumut, 400 ribu diantaranya terindikasi menggunakan narkoba. Kondisi ini sangat mengancam berbagai sendi kehidupan dan kemasyarakatan.

“Dari 20 orang, satu diantaranya terindikasi menggunakan narkoba. Untuk itu, Pemkab Labusel dan Muspida serta masyarakat diharapkan terus melakukan upaya pencegahan sekaligus pemberantasan narkoba,” ajak Erry.

Sementara Bupati Labusel, H Wildan Aswan Tanjung SH MM mengatakan, kebersamaan adalah kunci keberhasilan pembangunan. Tanpa kebersamaan, roda pembangunan akan berjalan lamban.

“Semoga Ramadhan tahun ini memberikan berkah kepada semua makhluk, terutama berkah kebersamaan. Dengan kebersamaan, kita akan mudah mencari solusi dari berbagai masalah pembangunan yang kita hadapi,” ajak Wildan.

Wildan juga mengatakan, kunjungan tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut merupakan bentuk perhartian provinsi terhadap perkembangan di daerah. “Pemkab Labusel beruntung menjadi salah satu daerah yang dikunjungi tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut,” sebut Wildan.

Kepala Bappeda Sumut Dr Arsyad Lubis MSi menyatakan, pelebaran jalan nasional menuju Labusel dan pembangunan jalan lingkar (ringroad) Labusel akan mendorong laju pertumbuhan pembangunan di Labusel. “Survey pembangunan jalan lingkar Labusel Saat ini sudah selesai. Semoga akan teralisasi dalam waktu dekat,” ujar Arsyad.

Keberangkatan tim Safari Ramadhan dilepas dari halaman kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Rabu (24/6/2015) pagi. Turut dalam rombongan, isteri Wagub Sumut Evi Diana Erry, Assisten II Ekonomi danPembangunan (Ekbang) Sumut Ir Sabrina MSi, Kepala Dinas (Kadis) Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut Baharuddin Siagian, Kepala Kesbanglinmas Sumut Drs H Eddy Syofian MAP, Kepala Bappeda Sumut Dr Arsyad Lubis MSi, Wakil Kejaksaan Tinggi Sumut Amir Yanto SH MH MM, perwakilan Polda Sumut AKBP Budiman dan sejumlah perwakilan Binsos Sumut.

Sementara dalam acara berbuka bersama hadir jajaran Pemkab Labusel hadir Bupati Labusel H Wildan Aswan Tanjung SH MM, Wakil Bupati Drs H Maslin Pulungan MM, Sekda dan muspida setempat. Turut hadir tim VI DPRD Sumut dalam rangka kunjungan kerja ke Labusel dan tim penilai tahap II dan III Penghargaan Wahana Tata Nugraha.

Usai berbuka puasa bersama, Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi menyerahkan bantuan kepada 100 anak yatim, 100 ulama dan sumbangan kepada pembangunan masjid di 5 kecamatan di Labusel. Selanjutnya, rombongan Safari Ramadhan Pemprov Sumut juga menggelar sholat tarawih bersama di rumah dinas Bupati Labusel. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *