Hercules Milik TNI AU Jatuh Menghantam Bangunan Ruko

MEDAN | Pesawat Hercules Tipe C-130 milik TNI AU jatuh menghantam bangunan ruko di Jalan Jamin Ginting Medan Tuntungan. Hercules naas dengan nomor registrasi A1310 terbang dari Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, dari Medan ingin menuju Tanjung Pinang, Selasa (30/6/2015).

hercules tniKEPALA BARESKRIMPantauan di lokasi kejadian, terlihat sejumlah petugas masih melakukan evakuasi. Informasi diperoleh jatuhnya pesawat menghantam bangunan ruko mengakibatkan badan pesawat terbelah dua.

Pesawat terbakar dan tampak hancur dan menimpa beberapa perumahan di lokasi beserta mobil. Masih menurut amatan di lokasi, pihak kepolisian dan anggota TNI masih melakukan evakuasi.

Pascakejadian tersebut, ribuan warga langsung memadati lokasi lantaran sangat antusias untuk melihat langsung kejadian. Imbasnya, jalan Jamin Ginting mendadak padat dan tak bisa dilalui oleh kendaraan.

Sementara menurut warga sekitar, Ginting, yang melihat langsung kejadian tersebut mengatakan, dengan jarak sekitar 200 meter sebelum jatuh, pesawat sempat oleng dan akhirnya terjatuh.

“Tadi kejadiannya pukul 11:30 WIB. Di ketinggian 200 meter, pesawat sudah tampak oleng,” ujar Ginting mengisahkan detik-detik jatuhnya pesawat tersebut.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo menjelaskan, jumlah korban tewas akibat jatuhnya pesawat Hercules di Jalan Jamin Ginting Medan Tuntungan, sudah sebanyak 21 orang. “Evakuasi sementara, ada 21 orang korban (meninggal),” kata Kapolda di lokasi kejadian.

Berdasarkan Manifes penerbangan pesawat, lanjut Kapolda, ada 51 orang penumpang pesawat Hercules. “Jadi tujuannya dari Pekanbaru, transit ke Medan (Lanud Suwoendo), kemudian ke Tanjung Pinang,” kata Eko.

“Kita masih berupaya melakukan evakuasi, dan melakukan pengamanan,” tambahnya.

Saat disinggung, apakah warga sipil yang menjadi korban, Eko menegaskan kemungkinan besar ada korban. Namun, Kapolda belum memastikan korban dari warga sipil. Imbas dari kejadian tersebut, jalur Medan menuju Kabanjahe lumpuh total. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *