Program Jangka Pendek | Pj Rektor Komit Tingkatkan Mutu USU

MEDAN | Pejabat Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof Subhilhar PhD menyatakan komitmen untuk meningkatkan mutu universitas mulai akreditasi institusi hingga program studi, sarana dan prasarana kampus lainnya, terutama yang berhubungan langsung dengan proses pendidikan.

KEPALA BARESKRIM“Komitmen ini merupakan program kerja kepemimpinan jangka pendek yang harus direalisasikan,” ujar Subhilhar saat memimpin wisuda 2.887 lulusan USU, Senin (24/8/2015).

Dia menekankan, semua keinginan tersebut, semata hanya untuk mendorong bagi tersedianya mutu pelayanan akademik yang optimal. Hasilnya, kata dia, akan berdampak terhadap lancarnya proses pendidikan yang merupakan fungsi utama bagi universitas.

Itu sesuai visi universitas yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 16 Tahun 2014 tentang Statuta USU, yaitu ‘Menjadi Perguruan Tinggi yang Memiliki Keunggulan Akademik sebagai Barometer Kemajuan Ilmu Pengetahuan yang Mampu Bersaing dalam Tataran Dunia Global’.

“Keinginan kuat ini tentu akan menjadi energi baru, bagi pengelolaan seluruh perangkat sistem pelayanan akademik dan pendidikan yang dijalankan, sehingga akan semakin dekat dengan misi USU,” ungkapnya.

Subhilhar menyebutkan misi USU, yaitu menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis otonomi yang menjadi wadah bagi pengembangan karakter dan profesionalisme SDM didasarkan pada pemberdayaan yang mengandung semangat demokratisasi pendidikan.

Misi kedua, menghasilkan lulusan yang menjadi pelaku perubahan sebagai kekuatan modernisasi dalam kehidupan masyarakat luas, berkompetensi keilmuan, relevansi dan daya saing yang kuat, serta berprilaku kecendikiawanan yang beretika.

“Dan ketiga, melaksanakan, mengembangkan, dan meningkatkan pendidikan, budaya, penelitian dan program pengabdian masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas akademik dengan mengembangkan ilmu yang unggul, bermanfaat bagi perubahan kehidupan masyarakat luas yang lebih baik,” bebernya.

Diakui Subhilhar, apa yang sedang dilakukan ini, masih belum memberikan hasil yang optimal, karena peningkatan mutu serta program yang dilakukan memerlukan dukungan dari seluruh komponen atau stakeholder, mulai dari sivitas akademika, pemerintah, alumni, dan termasuk para orang tua wisudawan.

“Oleh karena itu, atas dukungan tulus ikhlas yang telah diberikan selama ini, perkenankan saya pada kesempatan yang berbahagia ini menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para orang tua wisudawan dan wisudawati, sehingga USU sampai saat ini masih terus dapat menjalankan tugas utamanya mencerdaskan putra putri para anak bangsa,’’ katanya.

Lulusan USU yang diwisuda terdiri atas 199 orang lulusan Program Pascasarjana, 23 orang Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, 33 orang Program Pendidikan Spesialis, 26 orang Program Dokter Jenjang Magister, 224 Orang Pendidikan Profesi, 1.227 orang dari Program Sarjana dan 1.155 orang Program Diploma. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *