Kopertis Ingatkan Masyarakat Selektif Pilih PTS

MEDAN | Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I Sumatera Utara (Sumut), Prof Dr Dian Armanto MPd MA MSc PHd mengingatkan masyarakat agar tidak asal memilih perguruan tinggi swasta (PTS) untuk melanjutkan pendidikan khususnya di Sumut.

KEPALA BARESKRIMBahkan, Kopertis mengingatkan agar untuk memilih PTS Sehat agar lebih nyaman melanjutkan pendidikan. “Untuk melanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi terutama swasta, masyarakat harus melihat kriteria PTS tersebut dan dapat di cek langsung di situs Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT),” kata Prof Dr Dian Armanto MPd MA MSc PHd dalam wisuda 620 lulusan sarjana dan pascasarjana Universitas Medan Area (UMA) periode II tahun 2015, (29/8/2015), di Gedung Gelanggang Mahasiswa Kampus I Jalan Kolam, Medan Estate.

Dian menyebutkan, kriteria penilaian perguruan tinggi sehat itu yakni, telah terakreditas oleh BAN PT baik program studi maupun institusi, Ratio antar dosen dan jumlah manusia sesuai dengan aturan yakni 1:20 untuk kelompok eksakta dan 1:30 untuk kelompok non eksakta, memiliki izin dari Kementerian Hukum dan HAM, dan miliki izin dari Pendidikan Tinggi (Dikti).

Selain itu, lanjut Dian, saat ini seluruh PTS tidak lagi diperkenankan menyelenggarakan kelas jarak jauh, seluruh program studi telah mendapatkan ijin operasional, seluruh perguruan tinggi swasta menyelesaikan data pangkalan perguan tinggi.

Satu hal yang juga menjadi penilaian penting adalah pada sebuah institusi pendidikan tinggi swasta tidak adanya konflik internal yakni adanya dualisme yayasan.

“Yayasan dan akademisi saling bekerjasama agar terjalinnya keharmonisan dan kekompakan dalam struktural perguruan tinggi swasta tersebut. Jadi, Yayasan juga punya tanggungjawab dalam pencapaian PTS Sehat,” ungkap Dian.

Sementara, Rektor UMA Prof Dr H A Ya’kub Matondang MA menyebutkan, UMA hingga saat ini memiliki alumni sebanyak 22.216 orang. Jumlah tersebut termasuk 620 lulusan sarjana dan magister dari berbagai program studi (prodi) yang dilantil pada wisuda priode II tahun 2015.

Rektor merinci, lulusan strata satu (S1) sebanyak 484 orang berasal dari tujuh fakultas yaitu, Teknik, Pertanian, Ekoonomi, Hukum, Ilmu Sosial Politik, Psikologi, dan Biologi. Sedangkan lulusan strata dua (S2) sebanyak 136 orang, yaitu sebagai alumni prodi Magister Administrasi Publik, Magister Agribisnis, Magister Ilmu Hukum dan Magister Psikologi.

Disebutkan Rektor, pada era globalisasi telah terjadi pergeseran nilai sosial dalam masyarakat, karenanya pendidikan etika dan akhlak hendaknya menjadi perhatian bersama. Ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki tanpa dibarengi dengan etika akan dapat menghancurkan eksistensi umat manusia.

Sedangkan Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim Drs H M Erwin Siregar MBA dalam amanatnya mengatakan, acara wisuda ini merupakan momentumyang sangat penting dalam kehidupan pendidikan di perguruan tinggi.

Momentum wisuda itu harus diartikan sebagai berakhirnya tugas dan tanggungjawab UMA dalam mengantarkan secara formal mahasiswa menjadi lulusan, sebagai insan yang berilmu dan berakhlak mulia, yang telah dipersiapkan untuk meniti profesi dan karir dengan disiplin ilmu sesuai dengan bidang keahlian. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *