PTS Non Aktif Tak Boleh Terima Mahasiswa Baru

MEDAN | Menteri Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof H Mohammad Nasir PhD Ak menyikapi adanya 25 perguruan tinggi swasta (PTS) yang non aktif di Sumut.

Menristekdikti mengatakan, hal itu menjadi tanggung jawab Kopertis untuk membina. Setelah di investigasi ternyata rasio dosen tak sebanding jumlah mahasiswa.

“Banyak dosen yang tidak bisa masuk menjadi dosen tetap, karena Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Bagi PTS yang non aktif tidak boleh menerima mahasiswa baru bukan berarti ditutup tapi diberikan kesempatan hingga 1 Desember 2015 untuk memperbaikinya,” paparnya.

Untuk mengatasi persoalan dosen, Menristekdikti mengeluarkan SK Nomor 26 Tahun 2015, semua PTN dan PTS bisa mengangkat dosen khusus pensiunan PNS atau perusahaan swasta.

“Kalau dulu usia 50 tahun tak bisa masuk NIDN, sekarang umurnya bebas yang penting sehat dan mampu melaksanakan tugasnya sesuai tridharma. Namun, kalau dosen yang tidak guru besar masa pensiunanya 65 tahun dan kalau guru besar sampai 70 tahun,” ujarnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *