EkonomiHeadlineIndeksRegulasi

Nelayan Protes Pelarangan Jaring Pukat

JAKARTA | Nelayan di Desa Branta Pesisir Kecamatan Tlanakan Pamekasan mogok melaut. Aksi ini sebagai protes atas kebijakan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti tentang larangan penggunaan jaring pukat hela dan pukat tarik .

KEPALA BARESKRIMMayoritas nelayan di Pamekasan menggunakan alat tangkap ikan yang dilarang Menteri Susi sesuai Permen No 2 tahun 2015. Sehingga nelayan takut untuk menangkap ikan.

“Jujur kami merasa tersandera dengan peraturan itu,” ungkap Sultan Takdir Ali Syahbana, salah seorang nelayan asal desa setempat, Kamis (8/10/2015).

Selain itu, pihaknya meminta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pamekasan, untuk melakukan upaya dan memberikan solusi bagi para nelayan.

“Kita berharap DKP bisa memberi solusi, sebab sejauh ini tidak ada upaya apapun dari DKP. Termasuk sosialisasi kepada nelayan,” jelasnya.

Sementara Kepala DKP Pamekasan, Nurul Widyastuti mengaku, sudah melakukan berbagai upaya terkait persoalan tersebut. Termasuk dengan mengirim surat ke pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Timur, beberapa waktu lalu. (inl/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button