Jaringan Keadilan Nusantara Minta Polda Tangkap Mantan Sekda Padangsidimpuan

MEDAN | Puluhan massa yang tergabung dalam Jaringan Keadilan Nusantara (JKS) mendatangi Mapolda Sumut, Rabu (2/12/2015).

KEPALA BARESKRIMKedatangan massa ini, meminta agar Poldasu menangkap mantan Sekda Padangsidimpuan, Sarmadan Hasibuan yang dinilai selama menjabat sebagai Sekda diduga melakukan Tindak Pidana Korupsi Informasi.

“Data yang kami himpun, banyaknya temuan yang ditermukan JKS yang membuat kami harus mendatangi Mapolda dan mendesak untuk melakukan pemeriksaan dan menangkap sang mantan Sekda tersebut,” ujarnya Koordinator Aksi, Ginda Ritonga.

Seperti Tahun 2008, 2009 dan 2010, Pemerintah Kota Padangsidimpuan menganggarkan beberapa anggaran untuk perbaikan Kota Padangsidimpuan, baik dari segi perekonomian untuk membantu kesejahteraan masyarakat yang ada di Kota Padangsidimpuan.

Namun dalam penganggarannya ada beberapa yang kurang tepat sasaran sesuai dengan hasil investigasi dan survai di lapangan dan diduga terindikasi Tindak Pidana Korupsi. “Pada pemantauan tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan atas sistem pengendalian internal dalam kerangka pemeriksaan keuangan pemerintahan Kota Padangsidimpuan TA 2008, 2009, 2010 tidak sesuai dengan yang ada dilapangan,” ujar Koordinator Aksi Ginda Ritonga saat di Mapoldasu.

Ada beberapa temuan di lapangan yaitu, pengangggaran Realisasi Belanja Subsidi personil pada Sekretariat Daerah, temuan pemeriksaan nilai kas daerah pada laporan keuangan pemerintahan Kota Padangsidimpuan TA 2008 tidak dapat diyakini kewajarannya, realisasi belanja bantuan sosial kepada organisasi kemasyarakatan, pengeluaran atas belanja perjalanan Dinas pada Sekretariat DPRD, terdapat kekurangan Volume dari beberapa pekerjaan pada dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan dan Parawisata derah Kota Padangsidimpuan yang terindikasi kuat terjadi tindak pidana korupsi sehingga merugikan keuangan negara, pengadaan alat-alat kesehatan pada Dinas Kesehatan daerah Kota Padangsidimpuan. Atas temuan itu, maka jumlah total kerugian Negara diperkirakan sebesar Rp12.379.011.728 dari keseluruh anggaran yang ada.

“Angka tersebut sangat besar dan jika dipergunakan untuk masyarakat Kota Padangsidimpuan dapat memakmurkan masyarakat,” tuturnya.

Berdasarkan permasalahan itu, JKS menyatakan pernyataan sikap diantaranya meminta Kejatisu agar memanggil dan memeriksa Sarmadan Hasibuan (Mantan Sekda Padang Sidimpuan), meminta Kejatisu, agar lebih tegas dan serius menangani Korupsi Kolusi dan Nepotisme di Sumut.

“Kami meminta Poldasu agar segera mengusut tuntas dugaan Tindak Pidana Korupsi yang terjadi di Padansidimpuan pada TA 2008, 2009, 2010. Meminta kepada Poldasu agar segera menangkap Sarmadan Hasibuan jika terbukti bersalah dan Meminta penegak hukum agar profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam memberantas Tindak Pidana Korupsi,” ungkapnya. (jul/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *