HeadlineIndeksKriminalitas

Masyarakat Tanjung Seumentok Minta PKS PTPN I Ditutup Sementara

ACEH TAMIANG | Keresahan masyarakat di sekitaran pabrik kelapa sawit (PKS) Gampoeng Tanjung Seumentok Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang mencapai puncak klimaks, (2/12/2015). Sebagai pelampiasan kekecewaan, masyarakat melakukan demonstrasi di Jalan Lintas Medan – Banda Aceh tepat di depan PKS tersebut menuntut untuk berhenti beroperasional.

KEPALA BARESKRIMKoordinator Aksi Mustafa Kamal menuntut kepada PTPN I selaku pengelola pabrik tersebut untuk menutup sementara operasional PKS sebelum ada penyelesaian mengenai sistem pembuangan limbah yang disebabkan oleh asap hasil pembakaran pabrik kelapa sawit itu.

“Banyak dari masyarakat di sekitaran pabrik ini mengalamai ISPA, mata merah karena iritasi. Selain itu, tanaman kami juga terkena dampaknya,” katanya.

Ia mengatakan kepada bareskrim.com, sampai sekarang tidak kontribusi pabrik ini kepada masyarakat sekitar, yang ada dampak negatifnya saja. Masyarakat yang terkena dampak juga tidak pernah diperhatikan. “Tidak ada pernah mereka (pihak management pabrik) memberikan kompensasi kepada masyarakat korban asap pabrik, abu ketel serta limbah cair di sekitar lingkungan perusahaan yang telah berlangsung lama,” ucapnya.

Sampai berita ini diturunkan belum ada kesepakatan antara masyarakat dan pihak pabrik. Hal ini dikarenakan Direktur PTPN I Langsa sedang tidak ada di tempat. Tapi pihak pabrik melalui Humas Syaifullah berjanji akan menyampaikan semua tuntutan masyarakat kepada managemen setelah atasan pulang dari Jakarta.

“Saya tidak bisa mengambil keputusan atas tuntutan masyarakat,” ucap Humas.

Saat ditanya keberadaan atasannya, beliau menjelaskan, Direktur sedang berada di Jakarta untuk bertemu dengan Menteri BUMN. (adam/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button