EdukasiHeadlineIndeks

Sumut Bersiap Jadi Provinsi Pendidikan Inklusif

MEDAN | Sumut akan menjadi Provinsi ke 8 yang mendeklarasikan sebagai penyedia layanan pendidikan inklusif.

KEPALA BARESKRIMMenurut Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Disdiksu) Erni Mulatsih, Disdiksu dan USAID PRIORITAS terus berkoordinasi untuk mendukung kesiapan Sumut sebagai provinsi pendidikan inklusif.

Agus Marwan, Koordinator USAID PRIORITAS untuk Provinsi Sumatera Utara mengatakan, USAID PRIORITAS memiliki perhatian secara khusus kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan mendukung sepenuhnya Sumut agar siap menjadi Provinsi Pendidikan Inklusif.

Dr Sanusi MPd dari Kemendikbud Indonesia menyatakan, pemerintah akan memberikan dukungan pendidikan inklusif berupa aksesbilitas dan ketersediaan fasilitas.

Selain itu, perlu adanya kerjasama semua pihak, mulai dari orangtua yang dengan kesadaran memasukkan anaknya ke SLB. Begitupun dinas pendidikan harus mempersiapkan semua aturan dan sarana dan peran pemerintah daerah agar semua sekolah siap menerima ABK.

“Dinas pendidikan perlu membuat pendidikan khusus kepada para guru saat pra jabatan tentang pendidikan inklusif,” tambahnya.

Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Syawal Gultom mengakui, untuk pendidikan regular saja belum pada tingkat kualitas optimal. “Sekira 75% pelayanan pendidikan kita belum memenuhi standar, jangankan untuk pendidikan inklusif,” ujarnya.

Prof Syawal Gultom menyatakan sebagai kampus yang mempersiapkan tenaga pendidik, Unimed siap memberikan perhatian khusus kepada pendidikan inklusif.

“Tapi kalau mau menyelenggarakan pendidikan inklusif kita harus ketat dengan standar penerimaan guru. Harus pula diikuti dengan regulasi mengikat. Perusahaan-perusahaan juga diikat dengan regulasi yang kuat agar tidak menolak ABK asal berkualitas. Kita semua perlu pula komitmen untuk menegakkan aturan itu. Memang pekerjaan ini butuh effort yang luar biasa, kerjasama, kesiapan tenaga pengajar, dan dukungan yang besar,” katanya lagi.

Menurutnya, dengan dukungan dari semua pihak, Sumut tentu siap menjadi Provinsi Pendidikan Inklusif. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button