HeadlineIndeksSosial

Inilah Referensi Tempat Wisata Terkenal di Sumut

MEDAN | Provinsi Sumatera Utara memiliki 33 kabupaten/kota. Bukan hanya memiliki penduduk yang begitu besar mencapai 12 juta lebih, Sumatera Utara yang sering disebut Sumut, menyimpang segudang keunikan dan daya tarik tersendiri bagi yang telah mengunjungi Provinsi yang berbataskan dengan Aceh, Sumatera Barat dan Riau.

KEPALA BARESKRIMSalah satunya daya tariknya terletak pada Pariwisata. Sumut memiliki pesona keindahan tempat wisata. Ditengah keindahan objek wisata alamnya, tersimpan juga kultur masyarakat yang heterogen. Seperti Suku Melayu pesisir yang hidup di sepanjang Selat Malaka; Suku Batak, Angkola atau Mandailing dari Tapanuli selatan dan Nias kepulauan lepas pantai barat. Kelompok etnis lainnya juga hidup di pelosok Provinsi Sumut adalah etnis Cina dan India.

Warisan budaya dan tradisi leluhur dari masa ke masa menghiasi panorama wajah asli Sumut yang dibalut dengan keindahan wisatanya.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dengan berwisata dapat mengunjungi Provinsi Sumut. Inilah referensi tempat wisata Sumut yang paling terkenal:

Danau Toba
Danau vulkanis terbesar dan terluas di dunia memiliki panorama alam sejuk menyegarkan. Hamparan air jernih membiru dan pemandangan memesona pegunungan hijau. Anda dapat menikmatinya dari berbagai spot yang ada di kawasan wisata tersebut. Di tengah danau ini, terdapat sebuah pulau yang tak lain adalah ikon kepariwisataan Sumatera Utara, yaitu Pulau Samosir. Danau Toba terletak di Kota Parapat, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumut.

Air Terjun Telaga Dwi Warna
Wisata air yang satu ini terletak di kawasan Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumut. Dari Kota Medan memakan waktu perjalanan selama 2 jam. Tempat wisata pegunungan yang sejuk, menjadi pilihan tempat wisata di Sumut yang penuh dengan keindahan alam. Air Terjun Telaga Dwi Warna dapat ditemukan di dalam hutan Sibolangit berlokasi di Durin Sirugun Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deliserdang. Daya tarik air terjun ini terletak pada dua warna yang dimiliknya, yaitu biru (air dingin) dan putih (air hangat).

Maha Vihara Adhi Maitreya
Orang Medan lebih sering menyebut nama vihara ini sebagai Vihara Cemara Asri karena lokasinya yang berada dalam kompleks perumahan Cemara Asri Kota Medan. Inilah vihara terbesar di Indonesia, berdiri begitu megahnya. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dapat masuk ke tempat wisata di kota Medan ini, namun penting sekali untuk menjaga ketenangan tatkala mengunjunginya. Maha Vihara Adhi Maitreya adalah sebuah tempat peribadatan agama Buddha, yang beralamatkan Jalan Cemara Boulevard Utara No 8 Komplek Cemara Asri (Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang, Sumut)

Pulau Samosir
Inilah ikon kepariwisataan Sumut terletak persis di tengah Danau Toba. Oleh karenanya, Pulau Samosir ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Danau Toba. Berketinggian sekitar 1000 meter dpl, Pulau Samosir memiliki keindahan alam yang masih natural. Di pulau ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk mempelajari sejarah dan riwayat suku Batak. Di tempat wisata Sumatera Utara yang satu ini, Anda dapat menemukan banyak aksesoris, baju, hingga kain tradisional khas Batak yang dijual untuk umum. Pulau Samosir yang terletak di Kabupaten Samosir, Sumut, menawarkan kawasan perbukitan hijau dan panorama danau yang jernih dan berwarna kebiruan. Di Pulau Samosir juga tersedia sejumlah penginapan mulai dari cottage hingga guesthouse.

Istana Maimun
Istana Maimun merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Deli. Sebuah istana berwarna kuning berdiri megah di tengah Kota Medan. Salah satu ikon kota metropolitan tersebut terbesar setelah Jakarta dan Surabaya. Anda dapat menjumpai istana ini di Jalan Brigjen Katamso Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Secara arsitektural, bangunan Istana Maimun didominasi warna kuning yang merupakan warna khas Melayu.

Pulau Nias
Dunia telah mengakui keindahan dan eksotiknya Pulau Nias. Adat lompat batu dengan ketinggan dua meter lebih, ditampilkan putra daerah Nias. Selain itu, Pulau Nias memiki daya tarik gelombang laut yang menantang adrenalin bagi penyuka olahraga selancar. Pulau Nias terletak di Samudera Hindia pada arah barat Pulau Sumatera. Gunung Sitoli merupakan kota yang menjadi salah satu sentral kepariwisataan di sana. Anda juga dapat menemukan Museum Pusaka Nias di kota ini dengan 6.500 koleksi benda budaya peninggalan Masyarakat Nias.

Taman Wisata Rohani Salib Kasih
Kota Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut, memiliki monumen berbentuk salib yang dibangun di Dolok (bukit) Siatas Barita untuk mengenang jasa, dedikasi, dan pengabdian yang luar biasa dari Dr Ingwer Ludwig Nommensen. Nommensen adalah seorang missionaris asal Marsch Nordstrand, Jerman Utara yang mengajarkan agama Kristen di Tanah Batak untuk membebaskan masyarakat Batak dari animisme dan keterbelakangan peradaban. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Salib Kasih yang tidak menguiras kantong. Wisata rohani ini dapat dijajal di sekitar Bukit Siatas Barita Kecamatan Siatas Barita Kota Tarutung Kabupaten Taput, Sumut.

Kota Tarutung
Kota Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut terkenal sebagai pusat wisata religi di Sumatera Utara. Di kota inilah sentrum kegiatan Gereja HKBP berada. Tarutung memiliki iklim yang dingin, menawarkan pesona keindahan alam yang memikat. Di kota ini, Anda dapat pergi ke Sijaba Huta Ginjang, sebuah taman wisata alam di Sumatera Utara yang menghadap ke arah Danau Toba.

Gunung Sibayak
Gunung Sibayak merupakan gunung api yang masih aktif. Pesona wisata gunung ini terletak pada panorama alam yang begitu indah. Gunung Sibayak yang berada di Tanah Karo disebut juga Gunung Raja, merupakan tempat favorit bagi mereka yang ingin menyaksikan panorama indah kota Medan serta menikmati terbitnya matahari. Untuk dapat sampai di Gunung Sibayak, Anda perlu melakukan perjalanan menuju Brastagi, berjarak sekitar 77 km dari Kota Medan, dengan perjalanan selama sekitar 2 jam.

Air Terjun Sipiso-Piso Tongging
Daya tarik air terjun Sipiso-Piso Tongging terletak pada ketinggian air terjunnya mencapai 120 meter dengan Gunung Sipiso-Piso. Di kawasan air terjun ini, Anda dapat menyaksikan panorama indah Danau Toba serta keindahan alam yang ada di sana. Anda dapat menyaksikan keindahan air terjun Sipiso-Piso yang sesungguhnya di Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumut.

Bukit Lawang
Sebuah tempat wisata di Sumut yang menyuguhkan kegiatan penjelajahan hutan serta menyaksikan dari dekat kehidupan satwa di alam bebas. Bukit Lawang adalah sebuah perwujudan hutan tropis, terletak dekat pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser. Kawasan wisata Bukit Lawang disukai banyak kalangan sebagai salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Sumatera Utara. Tersedia banyak penginapan dan losmen. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya trekking hingga rafting. Dari kota Medan, Anda perlu menempuh perjalanan selama sekitar 3 jam untuk dapat sampai di kawasan wisata Bukit Lawang berlokasi Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat.

Air Terjun Sigura-Gura
Inilah air terjun tertinggi di Indonesia yang mencapai 250 meter berada di bentang alam dekat dengan Danau Toba. Air terjun ini terlihat seperti curahan air rakasasa dengan suara dentuman air yang terdengar dari kejauhan. Air terjun ini bersumber dari Sungai Asahan yang aliran airnya bermula dari Danau Toba. Aliran sungai dari air terjun Sigura-Gura ini kerapkali menjadi tempat kompetisi rafting di Indonesia dan dunia. Alamat Air Terjun Sigura-Gura di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumut.

Taman Simalem Resort
Taman Simalem Resort adalah tempat wisata di daerah Tanah Karo, Sumut. Situs ini ada di ujung utara Danau Toba, termasuk tempat wisata baru yang berjarak sekitar 3 jam dari Kota Medan.

Taman Alam Lumbini
Taman Alam Lumbini terletak di kaki Gunung Sibayak, menjadi sebuah destinasi wisata Berastagi yang populer serta memiliki keunikan berupa adanya sebuah pagoda yang merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda ini adalah replika Pagoda Shwedago yang ada di Myanmar. Ciri khas pagoda ini adalah stupa Buddha sepanjang 69 meter dan tinggi 46,8 meter. Terdapat lebih dari 2500 patung Buddha dan relief lainnya di kawsan wisata ini. Panorama alam yang indah dengan hawa udara yang sejuk dapat ditemukan di Desa Tongkoh Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo, Sumut. (ucup/net/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button