HeadlineIndeksRegulasi

Tanggapan Komisi Yudisial Soal Putusan PN Palembang

JAKARTA | Komisi Yudisial menghimbau kepada masyarakat dan seluruh pihak untuk melihat persoalan secara utuh dan tidak bersikap reaktif terhadap pemberitaan yang saat ini mengemuka terkait putusan Pengadilan Negeri Palembang nomor 24/Pdt.G/2015/PN.PLG mengenai perkara perbuatan melawan hukum perusakan lingkungan.

KEPALA BARESKRIMHal ini penting untuk tetap menjaga martabat hakim serta menghormati proses hukum yang sedang berlangsung.

Dalam press relas yang diperoleh dari Pusat Analisis dan Layanan Informasi KY menyebutkan, Selasa (5/1/2016), Komisi Yudisial berharap agar institusi peradilan juga memperhatikan aspirasi masyarakat berdasarkan fakta-fakta lapangan mengenai kerusakan lingkungan yang terjadi.

Perkara dimaksud bukan semata-mata berada pada lingkup rezim hukum perdata, tetapi juga memiliki dimensi hukum lingkungan yang sangat jelas, sehingga pemberlakuan asas-asas hukum lingkungan maupun keberpihakan kepada alam menjadi wajar untuk dijadikan pegangan.

Komisi Yudisial berkomitmen untuk proaktif jika terdapat indikasi terjadinya pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim terkait perkara tersebut, sesuai dengan kewenangan yang dimiliki Komisi Yudisial. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button