Praktek Percaloan Bentuk Pelanggaran Pelayanan Publik

MEDAN | Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Sumatera Utara (Sumut), Abyadi Siregar menilai, praktek percaloan yang terjadi di birokrat pemerintahan sangat mengganggu pelayanan publik.

KEPALA BARESKRIM“Praktek percaloan merupakan salah satu bentuk pelanggaran penyelenggaraan pelayanan publik yang secara tidak langsung telah mengganggu kenyamanan masyarakat,” ucap Abyadi Siregar ketika dihubungi redaksi bareskrim.com, menanggapi maraknya praktek percaloan kepengurusan dokumen perjalanan (pasport) di Kantor Imigrasi Kelas I Polonia, (7/1/2015).

Mantan jurnalis/wartawan ini mengaku, pernah melakukan kunjungan ke Kantor Imigrasi Kelas I Polonia yang berlokasi di Jalan Mangkubumi, untuk melihat standar prosedur operasional (SOP) pelayanan. “Awal tahun 2014, saya pernah melakukan kunjungan tapi secara tersembunyi untuk melakukan investagi. Secara nyata, kabar maraknya praktek percaloan di Imigrasi Polonia memang ada,” cetusnya lewat seluler.

Mengapa demikian? Sebab, banyaknya orang bebas keluar masuk di Kantor Imigrasi Kelas I Polonia yang dinilai tidak berkepentingan. “Dari pantauan, banyak orang yang tidak berkompeten dan orang-orang tertentu bebas berkeliaran keluar masuk ke sejumlah ruangan kerja Imigrasi,” katanya.

Abyadi juga mengakui, secara resmi Ombudsman belum melakukan kunjungan kerja ke Imigrasi Polonia untuk mengetahui SOP pelayanan yang telah diterap demi kepentingan publik. “Mungkin dalam kesempatan lain, kita akan mencoba membuka dan membongkar praktek percaloan di Imigrasi Polonia,” cetusnya.

Agar praktek percaloan kepengurusan pasport ini dapat dihentikan, Ombudsman berharap adanya perhatian yang serius dari Kanwil Kemenhum HAM. “Jika perlu, Kanwil Kemenhum HAM melakukan sidak (infeksi mendadak) ke Imigrasi Polonia,” minta Abyadi.

Sementara itu, Kantor Imigrasi Kelas I Polonia mengaku sedang melakukan pembenahan serta peningkatan pelayanan dokumen perjalanan (pasport) demi kenyamanan masyarakat pemohon jasa keimigrasian.

Secara diskusi singkat bersama redaksi bareskrim, Kasub Pengawasan Kantor Imigrasi Kelas I Polonia, Wawan A Mido menjelaskan, pimpinan baru Kantor Imigrasi Kelas I Polonia yang dijabat Heriyanto SE SH MSi berkomitmen untuk melakukan pembenahan pelayanan sekaligus melakukan revolusi kinerja petugas Imigrasi Polonia. (red/ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *