Pertama di Aceh Tamiang | UPTD Pendidikan V Manyak Payed Gelar Pelatihan Kelola Dana BOS

ACEH TAMIANG | UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Pendidikan V Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang menggelar kegiatan pendidikan dan pelatihan aplikasi penggunaan keuangan BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang diadakan di Aula SDN 1 Tualang Cut, kemarin.

KEPALA BARESKRIMDalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tamiang beserta Nara Sumber, Kepala UPTD Pendidikan V Manyak Payed, Pengawas UPTD Pendidikan V Manyak Payed seluruh Kepala sekolah, bendahara dan operator yang tergabung dalam UPTD Pendidikan V Manyak Payed.

Kadis (Kepala Dinas) Pendidikan Kabupaten Aceh Tamiang, Drs Ikhwanuddin mengatakan, dari beberapa UPTD yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang, UPTD Pendidikan V Manyak Payed adalah UPTD pertama yang mengadakan pelatihan tersebut.

Beliau Juga mengatakan dalam pengelolaan keuangan BOS perlu dilakukan dengan benar mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. Perencaan didasarkan pada evaluasi diri sekolah (EDS) dan tidak tumpang tindih.

“Pelaksanaannya harus transparan dan mengacu pada prinsip manajemen berbasis sekolah (MBS). Pelaporan dana BOS juga harus sesuai juknis, termasuk pelaporan online yang dilaksanakan tepat waktu. Dan apabila pelaporan tidak selesai pada waktunya, maka Dinas Pendidikan berhak memblokir Rekening sekolah,” cetusnya.

Disamping itu hal lain yang perlu untuk diketahui prinsip manajemen keuangan sekolah yang baik adalah value for money (ekonomis, efisien, efektif), akuntabilitas, transparansi, keadilan dan kejujuran.

Kepala UPTD Pendidikan V Manyak Payed Juli Darma Bakti SPd berkata, perbaikilah perencanaan secara akuntabel dan transparan antara kepala sekolah, bendahara, operator dan komite sekolah harus saling terbuka dalam arti keterbukaan yang beretika. (adam/wdm/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *