Prajurit TNI AL Bekuk Kawanan Perompak

MEDAN (bareskrim.com) – Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Yudo Margono SE memimpin latihan satgas operasi pengamanan perbatasan laut di Selat Malaka.

KEPALA BARESKRIMPelatihan yang diikuti 390 prajurit TNI AL ini, juga didampingi Asop Danlantamal I Kol Laut (P) IG Merta Yasa SE SSos MM, Danpuslatkaprang Kolatarmabat Letkol Laut (P) Taman sembiring, dan Danlanal TBA Letkol Laut (P) Teguh Prasetia.

Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Yudo Margono mengatakan, latihan ini bertujuan untuk membekali Satgas memiliki kemampuan, keterampilan yang handal dan terintegrasi dalam pengamanan perbatasan laut.

Selan itu, latihan ini guna mencapai kesiagaan operasional Satgas dalam menunjang pelaksanaan tugas operasi di daerah perbatasan laut secara berhasil dan berdayaguna.

“Latihan ini dititikberatkan pada kesiapsiagaan prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas Pamtas Laut dalam mengantisipasi penyelundupan senjata, narkoba, illegal imigran dan perompakan,” kata Yudo, Kamis (25/2/2016).

Khusus latihan anti perompakan, kata Yudo, diskenariokan oleh tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) Kal Tarihu & Kal Boa Lantamal-1.

Dalam latihan itu, prajurit melumpuhkan kawanan perompak di KM Mentari (diperankan oleh KRI Tuanku Imam Bonjol-383).

“Kita juga melaksanakan inspeksi ke Pulau Berhala yang dijaga oleh Marinir TNI AL, guna meyakinkan keamanan Pulau tersebut dari infiltrasi asing. Melalui latihan ini, dirinya berharap satgas pengamanan perbatasan laut dapat melaksanakan tugas operasi dan menjamin keamanan dan kenyamanan para pengguna laut yang melintas di Selat Malaka.

Latihan ini juga untuk mendukung program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *