Jokowi Pastikan Tol Medan – Binjai Selesai Akhir 2016

DELISERDANG (bareskrim.com) | Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan proyek Tol Trans Sumatera di ruas tol Kualanamu-Tebing Tinggi dan tol Medan-Binjai, (2/3/2016).

KEPALA BARESKRIMTurut dalam rombongan Jokowi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Seskab Pramono Anung, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi dan anggota DPD RI Parlindungan Purba.

“Saya ingin melihat langsung progress jalan tol ini. Tentu saja ini akan memperkuat efisiensi biaya yang ada di lapangan. Tadi saya melihat jalan tol dari Medan-Kualanamu, Medan-Binjai dalam progress yang sangat baik,” ujar Jokowi.

Dari hasil tinjauan, pengerjaan ruas tol Kualanamu-Tebing Tinggi saat ini mencapai 97 persen dengan target penyelesaian pertengahan 2017 mendatang.

“Yang selesai akhir 2016 Medan-Binjai, yang dua ruas dikejar 2017. Kemudian, diteruskan yang Tebing Tinggi ke Parapat. Ini akan terus dan nggak berhenti. Bukan hanya jalan tol saja, tapi keretaapi juga. Sekarang sistemnya baik karena dibagi perseksi agar kerja lebih cepat lagi,” harap Jokowi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah menyelesaikan pembangunan dua ruas jalan Tol Trans Sumatera di wilayah Sumut, yaitu ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Medan-Binjai. Ruas tol tersebut merupakan bagian dari 25 ruas jalan tol di Pulau Sumatera yang akan dibangun sepanjang 2.819 km.

Progres konstruksi ruas tol Medan-Kualanamu mencapai 43 persen. Pembebasan tanah mencapai 85 persen. Sedangkan progres pembangunan seksi 3 yaitu Parbarakan-Tebing Tinggi yang merupakan bagian dari pembangunan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi telah mencapai 32 persen, sementara ruas tol Medan-Binjai pembangunan fisik telah mencapai 8 persen dan pembebasan tanah 78 persen. “Tol ini mendukung koneksivitas transportasi darat,” sebut Jokowi.

Sementara Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan, pembangunan Tol Trans Sumatera akan membawa perubahan signifikan terhadap pengembangan wilayah di Sumut sekaligus diharapkan dapat mendongkrak tingkat prekonomian masyarakat.

“Apalagi tol Tebing Tinggi menuju kawasan wisata Danau Toba sudah terealisasi. Itu pasti akan berpengaruh pada tingkat kungjungan wisatwan, baik domestik maupun mancanegara,” sebut Erry.

Erry mengatakan, pembangunan Tol Trans Sumatera nantinya juga akan membuka akses hingga ke Provinsi Riau.

“Pemerintah Provinsi sendiri terus berupaya memudahkan segala kebutuhan dalam mempercepat penyelesaian Tol Trans Sumatera di wilayah Sumatera Utara,” ujar Erry.

Dengan adanya Tol Trans Sumatera, jalur keretaapi Medan-Aceh, akan membuka cakrawala baru akses transportasi di Sumut.

“Ini sangat mendukung Sumut sebagai etasalase Indonesia bagian Barat. Mari kita dukung agar akses transportasi darat cepat terealisasi di Sumut,” ajak Erry. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *