HeadlineIndeksKriminalitas

Pemilik Taman Rekreasi Hairos Indah dan Mora Indah Terancam Masuk Penjara

MEDAN (bareskrim.com) | Kasubdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Ditreskrimsus Polda Sumut, AKBP Robin Simatupang mengatakan, pihaknya sudah memeriksa pemilik usaha taman rekreasi Hairos dan Mora Indah, dan bakal dijadikan tersangka.

KEPALA BARESKRIM“Pemilik usahanya sudah kita periksa dan nanti bakal kita tetapkan sebagai tersangka,” sebutnya.

Hal tersebut terkait penggerebekan adanya penangkaran hewan dilindungi tanpa izin di dua taman rekreasi Hairos Indah Jalan Djamin Ginting Km 14,5 dan Mora Indah Jalan Sisingamangaraja Km 11,5 Tanjungmorawa, Amplas, pada (25-26/2/2016).

Disebutkan, penetapan tersangka itu setelah memeriksa sejumlah saksi-saksi dan kedua pengusaha taman rekreasi tersebut. “Apabila mereka (pihak pengelola) memelihara dengan sengaja tanpa izin, tentu pihak manajemennya akan dijadikan tersangka.”

“Saksi-saksi juga sudah kami periksa sebelumnya. Untuk hewan (barang bukti) kami sudah serahkan kepada pihak BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam),” tandas Robin.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan juga memberi penjelasan soal tahap-tahap sebelum ditetapkannya tersangka.

“Itu hewannya sudah dikembalikan ke pihak BKSDA. Nanti penetapatan tersangka setelah pemeriksaan pemilik usaha dan saksi-saksi. Apabila tebukti melanggar undang-undang perlindungan hewan akan segera ditetapkan tersangkanya dan itu juga harus dilakukan gelar perkaranya,” terang MP Nainggolan.

Sebelumnya, penggerebekan yang dilakukan Sebelumnya, petugas Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumut menggerebek taman rekreasi Hairos Indah, lalu mendata hewan yang dilindungi yakni, 1 ekor Siamang, 4 ekor Wowo, 3 ekor burung Kakak Tua Jambul Kuning, 3 ekor burung Gagak, 4 ekor burung Elang Hitam, 1 ekor burung Kiwi, 2 ekor burung Nuri Bayan, 2 ekor Ayam Emas, 7 ekor Buaya Muara, 1 ekor Lutung, 1 ekor Kingkong, 5 ekor Rusa Macan, 3 ekor Beruang Madu.

Kemudian 5 ekor Landak, 2 ekor Kangguru, 1 ekor Elang Putih, 3 ekor Merak Hijau, 2 ekor Ikan Gladiator dan 3 ekor Rimau Sagau. Sementara keesokan harinya kembali petugas Subdit IV Tipidter menggerebek taman rekreasi Mora Indah (Tamora).

Dari lokasi, penyidik mendata 1 ekor Kasuari, 2 ekor Merak, 2 ekor Kakak Tua Jambul Kuning dan 1 ekor Landak. Dari beberapa satwa, diketahui didatangkan dari Pulau Sumatera dan ada juga didatangkan dari luar Pulau Sumatera. (jul/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button