Dosen Berprestasi Bergelar S1 yang Mengabdi Selama 15 Tahun akan Disetarakan Magister

MEDAN (bareskrim.com) | Ada kabar baik yang datang dari dunia pendidikan Indonesia. Kabar tersebut untuk para dosen yang berprestasi, yang masih bergelar Strata Satu atau disebut S1.

KEPALA BARESKRIMSebagai apresiasi atas pengabdian membangun dunia pendidikan bangsa, pemerintah melalui Kemenristekdikti akan memberikan kesetaraan jenjang pendidikan setingkat magister (S2) bagi dosen yang berprestasi.

Menurut Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Prof Intan Ahmad PhD, dalam 10 tahun terakhir ini masih ada dosen di sejumlah PT (Perguruan Tinggi) yang berjenjang pendidikan S1 (Strata Satu). Padahal, didalam Undang-undang (UU) No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi (PT), maka dosen tidak boleh bergelar strata satu (S1).

“Karena fenomena tersebut masih terjadi di dunia pendidikan Indonesia, pemerintah mewacanakan program penyetaraan pendidikan magister bagi dosen yang berprestasi mengabdi 10-15 tahun,” ungkap Intan dalam Seminar Nasional Membangun Negeri Dari Sekolah Melalui Profesionalisme Guru sekaligus Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni (IKA Unimed) yang berlangsung di Auditorium Unimed, Jumat (18/3/2016).

Intan menambahkan, kesetaraan sertifikasi yang masih dalam proses pembahasan di Kemenristekdikti, tidaksertmerta memberikan peluang kepada dosen-dosen tersebut untuk memperoleh gelar magister. “Kesetaraan ini bukan berarti memberikan kepada dosen berprestasi itu gelar magister. Bukan demikian maksudnya. Gelar magister itu tetap akan disandang jika dosen melanjutkan studinya ke tingkat selanjutnya. Wacana ini secara teknisnya masih dalam pembahasan di pusat,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *