HeadlineIndeksSosial

May Day | Inilah Seruan AJI Medan untuk Pemerintah

MEDAN (bareskrim.com) | Dalam peringatan May Day yang jatuh pada 1 Mei 2016, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Medan menyerukan beberapa pesan yang berkaitan dengan kesejahteraan jurnalis dan pekerja media.

KEPALA BARESKRIMPeringatan May Day, sebagai cara agar publik semakin mengkritisi media, juga diharapkan menjadi perhatian Pemerintah; terutama Kementerian Tenaga Kerja maupun Dinas Tenaga Kerja agar mau secara aktif mengawasi perusahaan media, bahkan melakukan audit terhadap kondisi ketenagakerjaan di sektor media.

Masih banyaknya jurnalis yang tidak memiliki status yang jelas di perusahaan media tempatnya bekerja, serta minimnya perlindungan berupa jaminan sosial bagi pekerja media; juga menjadi catatan dalam peringatan May Day.

Banyak pula jurnalis yang sudah bekerja selama bertahun-tahun, namun tak kunjung juga diangkat menjadi karyawan di perusahaan media tempatnya bekerja.

“Jenis pekerjaan jurnalis adalah pekerjaan yang sifatnya terus menerus atau PKWTT (Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu). Sehingga sistem kerja jurnalis dengan sistem kontrak atau PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu), sesuai dengan pasal  59 UU No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan demi hukum menjadi PKWTT,” kata Ketua AJI Medan, Agoez Perdana, Minggu (1/5/2016).

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button