Penetapan Kelulusan Seleksi Tahap III CHA dan Calon Hakim Adhoc Tipikor

JAKARTA (bareskrim.com) | Berdasarkan keputusan Rapat Pleno KY pada (9/6/2016), Komisi Yudisial (KY) secara resmi mengumumkan kelulusan 19 orang yang terdiri dari 15 orang calon hakim agung (CHA) dan 4 orang calon hakim adhoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Mahkamah Agung (MA) pada seleksi tahap III yang terdiri dari seleksi kesehatan dan kepribadian.

KEPALA BARESKRIMAdapun rincian 15 orang CHA tersebut, yaitu 3 orang CHA di kamar Pidana, 5 orang CHA di kamar Perdata, 3 orang CHA di kamar Agama, 2 orang CHA di kamar Tata Usaha Negara, dan 2 orang CHA di kamar militer.

Seleksi tahap III yang diikuti oleh 39 orang CHA dan 10 orang calon hakim adhoc Tipikor di MA menjalani seleksi yang meliputi pemeriksaan kesehatan, assessment (assessment kepribadian dan kompetensi untuk CHA dan profile assessment untuk calon hakim adhoc Tipikor di MA), serta rekam jejak.

Pemeriksaan kesehatan terhadap CHA dan calon hakim adhoc Tipikor di MA telah dilaksanakan pada 20-21 April 2016 di RSPAD Gatot Subroto.

Sementara assessment kepribadian dan kompetensi untuk CHA dan profile assessment calon hakim adhoc Tipikor di MA diselenggarakan pada 18-19 April 2016.

Jurubicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi mengungkapkan, untuk rekam jejak, KY melaksanakannya melalui penerimaan informasi atau pendapat masyarakat, analisa LHKPN bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan investigasi.

Selain itu, Pimpinan dan Anggota KY juga melakukan klarifikasi untuk mendapatkan kebenaran data dan informasi mengenai rekam jejak CHA dan calon hakim adhoc Tipikor di MA.

Selanjutnya, CHA dan calon hakim ad hoc Tipikor di MA yang dinyatakan lulus seleksi tahap III akan menjalani seleksi tahap IV, yaitu wawancara terbuka pada Senin-Jumat, 20-24 Juni 2016 di Auditorium KY Lantai 4, Jalan Kramat Raya No 57, Jakarta Pusat. Pada wawancara terbuka, KY melibatkan tim pakar dan negarawan.

Sekadar informasi, seleksi yang dilakukan KY ini untuk mencari 8 orang hakim agung (terdiri dari 1 orang di kamar Pidana, 4 orang di kamar Perdata, 1 orang di kamar Agama, 1 orang di kamar Militer dan 1 orang di kamar Tata Usaha Negara) dan 3 orang hakim adhoc Tipikor di MA. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *