Keutamaan dan Hakikat Ramadhan

Oleh: Nadrah Amini, MA

Ramadhan berbeda dengan bulan-bulan lain yang ada dalam susunan bulan Qomariah. Dalam bulan Ramadhan ini terdapat keutamaan-keutamaan yang perlu digapai oleh umat Islam.

nadlrahDiantara keutamaan tersebut adalah: Pertama, Ramadhan merupakan Syahrul Ibadah (bulan ibadah). Penamaan ini bukan berarti bahwa bulan yang lain bukan bulan ibadah.

Dinamakan demikian karena pada bulan ini kuantitas ibadah yang dilakukan umat Islam berlipat kali banyaknya dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Oleh sebab itu jadikanlah bulan ini untuk taqarrub ilallah dengan memperbanyak ibadah.

Hendaklah jangan melewatkan detik-detik di bulan ramadhan tanpa ibadah. Jika pada bulan yang lain kita masih jarang mengerjakan ibadah yang sunnah maka di bulan ini kerjakan semua. Dan jika di bulan yang lain kita sering menjalankan yang sunnah maka tambahkan.

Kedua, Ramadhan merupakan Syahrul Quran (bulan Al-quran). Dikatakan bulan quran, karena pertama sekali al-Quran diturunkan pada bulan ini. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Pada bulan ini, umat Islam dianjurkan membaca Al-Quran lebih banyak dari biasanya, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Beliau selalu tadarrus (dengan cara talaqqi) yang langsung dibimbing oleh malakikat Jibril.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *