Inilah Calon Hakim Agung dan Ad Hoc Tipikor yang Dites Wawancara

JAKARTA (bareskrim.com) | Memasuki hari pertama seleksi wawancara calon hakim agung (CHA) dan calon hakim ad hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Mahkamah Agung (MA) berlangsung tertib dan lancar.

KEPALA BARESKRIMDalam siaran persnya, sebanyak empat orang CHA yang terdiri dari tiga orang CHA dari kamar Pidana, yaitu Gazalba Saleh, I Made Hendra Kusuma, Mochammad Agus Salim, serta satu orang CHA dari kamar Perdata Ibrahim diwawancarai oleh Pimpinan dan Anggota KY serta panel ahli yang terdiri dari Prof Dr Ahmad Syafii Maarif (negarawan), H Parman Soeparman (Pidana), dan Harifin A Tumpa (Perdata).

Pada tahap ini, para peserta seleksi akan dinilai visi, misi dan komitmen serta rencana aksi mereka. Selain itu, penilaian juga menyinggung aspek kenegarawanan dan integritas.

Hal lain yang dinilai adalah bagaimana kemampuan teknis dan proses yudisial serta pengelolaan yudisial dari peserta seleksi wawancara.

“Aspek visi, misi, integritas, penguasaan Kode Etik dan Pedoman Perilaki Hakim (KEPPH), kualitas dan penguasaan materi atau substansi ilmu hukum, serta hukum acara bagian penting dalam pertimbangan kelulusan calon pada seleksi tahap ini,” ujar Jurubicara Komisi Yudisial, Farid Wajdi dalam keterangan persnya yang diterima, Senin (20/6/2016).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *