EdukasiHeadlineIndeks

Civitas Unimed Diajak Manfaatkan Momentum Ramadhan Untuk Evaluasi Diri

MEDAN (bareskrim.com) | Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Syawal Gultom MPd mengingatkan civitas akademika Unimed, agar memanfaatkan momentum bulan Ramadhan untuk mengevaluasi diri dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT.

KEPALA BARESKRIMRektor mengajak umat Islam khususnya segenap civitas akademika Kampus Unimed untuk mengevaluasi diri dalam melaksanakna ibadah puasa yang sudah 16 hari dilaksanakan.

Pihak juga berharap hendaknya kedepan puasa yang dilaksanakan lebih ditingkatkan lagi, baik itu ibadah-ibadah wajib maupun ibadah sunat nya.

“Hendaknya Ramadhan tahun 1437 Hijriyah ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Apabila masih sama dengan tahun 1436 H, maka belum ada peningkatan. Untuk itu masih tersisa 13 hari lagi, kami mengajak umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadah di Ramadhan tahun ini,” ujarnya dalam buka puasa bersama yang berlangsung di Biro Rektorat Unimed, Rabu (22/6/2016).

Selanjutnya ceramah agama disampaikan oleh Al Ustadz Amhar Nasution MA mengatakan, ada 3 manfaat puasa dalam kehidupan sehari-hari salah satu diantaranya adalah membangun tali silaturrahmi diantara umat Islam.

Silaturrahmi, sebutnya, berasal dari kata shilah ar-rahim dibentuk dari kata shilah dan ar-rahim. Kata shilah berasal dari washala-yashilu-wasl(an)wa shilat(an), artinya adalah hubungan.

Adapun ar-rahim atau ar-rahm, jamaknya arhâm, yakni rahim atau kerabat. Asalnya dari ar-rahmah (kasih sayang); ia digunakan untuk menyebut rahim atau kerabat karena orang-orang saling berkasih sayang, karena hubungan rahim atau kekerabatan itu.

1 2 3Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button