HeadlineIndeksKriminalitasRegulasi

Inilah Tawarkan Solusi Penuntasan Konflik Tanah Eks HGU PTPN II Versi Cinta Tanah Sumatera

MEDAN (bareskrim.com) | Pengurus Pusat Komunitas adat Cinta Tanah Sumatera (CTS) menawarkan solusi kepada pemerintah terkait persoalan dan konflik agraria yang terus terjadi di atas areal bekas Hak Guna Usaha (HGU) PTPN II.

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrimSolusi itu tertuang dalam sebuah surat yang dilayangkan ke Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dalam surat bernomor 3/PP/CTS/IX/16 tertanggal 5 September 2016 itu, CTS fokus pada tawaran usul untuk solusi penuntasan konflik di atas tanah milik perusahaan BUMN yang kerap memicu kekisruhan bahkan berujung pada bentrokan hingga menyebabkan korban jiwa.

Ketua pendiri komunitas adat CTS, Iskandar Sitorus SH mengatakan, langkah ini sengaja mereka lakukan dengan bertitik tolak dari pengamatan dan rasa keprihatinan dengan banyaknya konflik pertanahan yang objeknya lahan HGU PT Perkebunan Nusantara II di provinsi Sumatera Utara.

“CTS sebagai wadah yang beranggotakan masyarakat dari berbagai etnis terpanggil untuk turut berperan dalam penuntasan konflik agraria di lahan PTPN II ini, mengingat sejauh ini belum ada bukti nyata dari pemerintah daerah dalam menyelesaikannya,” kata Iskandar di Medan, (7/9/2016).

Didampingi Direktur Eksekutif OK Adjerinsyah SSos dan Direktur Keuangan Tri Wibowo Hendratno SE Ak MM, Iskandar menambahkan, persoalan hukum yang saat ini kerap dialami masyarakat pasca putusan pidana terhadap mantan jajaran Direksi PTPN II, adalah sesuatu hal yang sepatutnya dipikirkan dengan cara bijak oleh negara dalam hal ini pemerintah melalui Kementerian BUMN.

1 2 3Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button