Ombudsman Tunggu ‘Janji’ Kapolda Sumut Brantas Pungli

MEDAN (bareskrim.com) | Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi langkah Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut yang akan melakukan penegakan hukum tanpa pandang bulu.

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrimTermasuk melakukan reformasi di sektor pelayanan publik tanpa praktik Pungutan Liar (Pungli), sesuai perintah Presiden RI Joko Widodo.

“Ombudsman sangat mengapresiasi dan menyambut baik Kapolda yang bertekad memperbaiki pelayanan publik. Inilah yang ditunggu-tunggu masyarakat Sumut, Kapolda yang memiliki komitmen membrantas pungli,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumut, Abyadi Siregar di Medan, Minggu (16/10/2016).

Namun menurut Abyadi reformasi harus dilakukan di internal kepolisian terlebih dahulu.“Analoginya, polisi itu ibarat sapu. Jadi kalau sapunya kotor, bagaimana mau membersihkan. Bisa – bisa malah nanti makin memperluas yang kotor,” kata Abyadi.

Abyadi menyebutkan, Kapolda Sumut harus bisa menciptakan urusan di kantor polisi tanpa biaya. Masyarakat selama ini merasa takut berurusan di kantor polisi karena mindset berurusan di kantor polisi harus mengeluarkan banyak uang sudah tertanam di benak masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *