Tahun Depan | Pengungsi Sinabung Sudah Tempati Rumahnya

KABANJAHE (bareskrim.com) | Gubenur Sumatera Utara (Sumut), HT Erry Nuradi menargetkan paling lama kwartal pertama tahun 2017 seluruh pengungsi erupsi Gunung Sinabung tidak ada lagi yang berada di posko pengungsian.

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrim“Semua pengungsi, sudah harus mendapat tempat tinggal baik itu berupa hunian sementara (huntara) atau hunian tetap,” kata Erry, kemarin.

Erry Nuradi meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Karo dan pihak terkait dapat segera merealisasikan pemindahan para pengungsi yang sudah menderita bertahun-tahun hidup di posko pengungsian. “Pemerintah pusat sudah menyediakan anggarannya, tinggal daerah yang mengatur pelaksanaannya. Saya harap Pemda dapat dengan sebaiknya dan sesegera mungkin memindahkan para pengungsi ke huntara atau hunian tetap,” ujar Erry.

Saat ini, jumlah desa yang ada di Posko Pengungsian sebanyak sembilan desa atau 1.682 KK yang tersebar di 9 titik Posko pengungsian yang disiapkan oleh Pemkab Karo. “Masih cukup banyak pengungsi yang ada di tempat penampungan kita berHuharap segera dibangun hutara dan hunian tetap. Informasi yang kita dapat dalam minggu ini Huntara akan dikirim oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan akan segera dibangun,” kata Erry.

Menurut Erry, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan bekerjasama dengan Kemen PU Pera untuk penyediaan Huntara. “Saya terima informasi dalam minggu ini Huntara dikirim dan akan dibangun. Kita harapkan sampai bulan Desember, Huntara sudah jadi,” kata Erry. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *