Sumut Diberi Helikopter Canggih Untuk Penanganan Bencana

MEDAN (bareskrim.com) | Badan SAR Nasional menyerahkan helikopter jenis AW 139 kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (10/01/2017). Helikopter akan difungsikan untuk penanganan bencana di beberapa provinsi di sekitar Sumut.

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrimPenyerahan helikopter itu dihadiri Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Kepala Basarnas Marsekal Madya Felicianus Henry Bambang Soelistyo, Kasdam I/BB Brigjend Tiopan Aritonang, Pangkosek Hanudnas III Marsma TNI Jemi Tri Sonjaya, Danlanud Soewondo Kolonel PNB Arifien Sjahrir, Kepala BPBD Sumut dan Ketua PMI Sumut Rahmat Shah.

Helikopter berbahan titanium memiliki panjang 13,77 meter dan tinggi 3,72 meter. Heli berwarna oranye itu mampu menampung beban hingga 15 penumpang. Heli itu juga dilengkapi lima main rotor (baling-baling) sehingga bisa lebih stabil saat terbang.

Helikopter ini juga mampu terbang dengan kecepatan sampai 310 km/jam di ketinggian 20000 kaki. Helikopter ini juga dilengapi avionik digital dan sistem kendali empat sumbu otomatis.

Ditambah peralatan pendukung seperti penjejak infra merah FLIR Star SAFIRE 380-HDc dan searchlight TrakkaBeam A-800, dan juga mampu terbang diam (hover) secara otomatis.

Kepala Basarnas, Marsekal Madya Felicianus Henry Bambang Soelistyo mengatakan, pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk bisa hadir dengan cepat ke daerah bencana sesuai dengan standar SAR Internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *