Wakapolda Sebut Kepala BPN/ATR Deliserdang Berpeluang Jadi Tersangka

MEDAN (bareskrim.com) | Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN)/Agraria Tata Ruang (ATR) Deliserdang, Kalvyn Andar Sembiring berpeluang menjadi tersangka, menyusul para tersangka sebelumnya, Malthus Hutagalung, selaku Kepala Seksi (Kasi) Survei, Pengukuran dan Pemetaan BPN/ATR Deliserdang.

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrimHal ini ditegaskan Waka Polda Sumut, Brigjen Agus Andrianto didampingi Direktur Reskrimsus, Kombes Toga Habinsaran Panjaitan kepada awak media, Senin (13/2/2017).

“Kenapa masih satu orang? Ini masih ditelusuri. Soal indikasi Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) juga akan didalami. Itu terkait temuan rekening dan sertifikat. Dari sembilan yang diamankan, satu tersangka dan yang lain masih saksi, termasuk Kepala BPN. Tapi tidak menutup kemungkinan akan dijadikan tersangka. Kepada masyarakat yang menjadi korban, diimbau untuk melapor dan tidak akan dijadikan tersangka,” tegas Brigjen Agus Andrianto.

Untuk tersangka, sambung Agus menambahkan, tersangka akan dijerat Pasal 12 huruf e UU RI No.31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) sebagaimana telah diubah dengan UU RI No.20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI No.31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor. “Ancamannya di atas lima tahun,” katanya.

Sementara Direktur Reskrimsus Polda Sumut, Kombes Toga Habinsaran Panjaitan ketika ditanya soal Malthus Hutagalung merupakan ‘anak main’ dari Kalvyn Andar Sembiring dan kenapa cuma Malthus Hutagalung sendiri yang dijadikan tersangka, menjawab hal itu masih dalam tahap pengembangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *