Beraninya!!! Catut Nama Maruli Siahaan ‘Peras’ Pengusaha Tambang

MEDAN (bareskrim.com) | Nama Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut, AKBP Dr Maruli Siahaan SH MH dicatut Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) Deliserdang, Ramadhan Harahap alias Rama untuk memeras sejumlah pengusaha tambang.

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrim“Tersangka Ramadhan Harahap sudah kita tangkap dan dilakukan penahanan. Dia sudah mencatut nama dan memalsukan tanda tangan saya untuk melakukan pemerasan terhadap pengusaha tambang,” terang Maruli Siahaan didampingi Kasubdit IV/Tipidter, AKBP Robin Simatupang kepada awak media, (10/3/2017).

Menurut Maruli, tersangka Ramadhan Harahap (28) warga Jalan Gambir Gang Jati No 2 Desa Bandar Klippa Kecamatan Percut Seituan Kabupaten Deliserdang telah meraup keuntungan hampir seratus juta dari sejumlah pengusaha tambang tanah urug di wilayah Kabupaten Deliserdang dan Kota Medan.

Untuk memuluskan aksinya, tersangka mencatut nama AKBP Dr Maruli Siahaan SH MH dan memalsukan tandatangannya. Dalam praktiknya, tersangka mendatangi dan menyerahkan surat dari DPC APRI bertandatangan AKBP Maruli Siahaan.

“Dari surat itu, tersangka memperoleh uang dengan nilai bervariasi dari para pengusaha tambang mulai Rp 6 juta hingga Rp 15 juta. Jadi, pengusaha tambang yang memiliki surat itu akan merasa di-backup Maruli Siahaan,” kesalnya.

Dijelaskan Maruli, kasus pencemaran nama baik dan pemalsuan tanda tangan tersebut terungkap setelah seorang pengusaha tambang, Bahagia Surbakti mengkonfirmasi beredarnya surat DPC APRI nomor 003/B/APRI/DPC-DS/I/2017 tertanggal 12 Januari 2017 ditandatangani Ramadhan Harahap mencatut nama AKBP Maruli Siahaan, yang mengaku sudah menyerahkan uang hingga mencapai Rp 25 juta kepada tersangka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *