Paten!!! Anggaran Pembinaan Pondok Pesantren di Sumut Tahun Ini Ditambah 5 Miliar

MEDAN (bareskrim.com) | Sebagai bentuk apresiasi terhadap perkembangan pondok pesantren (ponpes), Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah menganggarkan Rp5 miliar untuk bantuan pengembangan ponpes di Sumut.

logo bareskrim, logo bareskrimcom, logo online bareskrim, bareskrimBahkan, Gubernur Sumut Tengku Erry mengaku akan berusaha menambah anggaran tersebut pada P-APBD 2017. “Pada P-APBD nanti akan kita tambah Rp5 miliar lagi. Tolong ini segera ditindaklanjuti Biro Binsos. Segera disusun RKA-nya. Nanti juga kita dorong CSR Bank Sumut untuk bantuan ke pesantren,” tandas Tengku Erry.

Pernyataan Gubernur Erry ini dikatakan dalam kegiatan silaturahmi dengan pimpinan pondok pesantren yang dirangkaikan dengan acara pengukuhan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provsu periode 2016-2018 dan pemberian tali asih kepada atlet peraih medali di Pekan Olahraga dan Seni Pesantren Nasional (Pospenas) tahun lalu di Gubernuran Jalan Jenderal Sudirman Medan, (27/3/2017).

Gubernur Erry menyebutkan, Pemprov Sumut sangat mendukung keberadaan institusi pendidikan pondok pesantren. Gubernur berharap, ponpes dapat bersinerji dan bersatu dalam mendorong pembangunan di Sumut khususnya dalam melahirkan generasi muda yang handal.

“Sumut akan bergerak cepat kalau kita bersinerji dan bersatu. Berbeda pendapat itu boleh saja tapi bukan membuat kita terpecah belah. 100 persen pasti saya peduli dan mendukung pondok pesantren,” cetus Tengku Erry.

Erry juga mengapresiasi kehadiran 217 pimpinan pondok pesantren di Sumut pada acara silaturahmi tersebut. Sebagai kepala daerah, lanjut Erry, tentunya tak ingin disebut orang yang merugi karena menutup mata atas keberadaan ponpes di Sumut.

Sebelumnya, Ketua Badan Silaturahmi Pondok Pesantren Sumut Yulizar Parlagutan Lubis mengajak para undangan untuk menapak kilas 15 tahun kebelakang.

Saat Pemprov Sumut dipimpin almarhum Tengku Rizal Nurdin yang tak lain merupakan abang kandung Gubsu Tengku Erry. Sebagai Gubernur, lanjut Yulizar, sosok Rizal Nurdin merupakan tokoh sekaligus pemarkasa berdirinya organisasi Badan Silaturahmi Pondok Pesantren di Sumut.

“Kurang lebih 15 tahun yang lalu beliau menerima keluh kesah kami. Dan mengeluarkan SK untuk pembentukan organisasi pesantren ini dan siap membantu perkembangan pesantren di Sumut. Mari kita baca Alfatihah untuk almarhum,” ajak Yulizar.

Dan kini, lanjut Yulizar, dirinya melihat bahwa sosok almarhum Tengku Rizal Nurdin ada didiri Tengku Erry yang memiliki keperdulian terhadap perkembangan pondok pesantren di Sumut.

Hal ini dibuktikan dengan kesediaan Gubsu Tengku Erry menggelar kegiatan silaturahmi dengan pimpinan pondok pesantren. Termasuk juga pemberian santunan kepada atlet Pesantren berprestasi dan juga dukungan Pemprovsu untuk pengembangan dan juga kegiatan-kegiatan pesantren lainnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *