Debat Kandidat Pra Kongres PMII di Medan Diikuti 9 Calon Ketua Umum

MEDAN (bareskrim.com) | Jelang pelaksanaan Kongres XIX PMII di Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Mei mendatang, tahapan demi tahapan sudah dilewati oleh Badan Pekerja Kongres (BPK). Di Medan, Sumatera Utara, BPK PB PMII sukses melaksanakan debat kandidat sebagai salah satu tahapan penyelenggaraan Kongres PMII tersebut pada 23-24 Maret 2017.

Ketua BPK PB PMII, Bambang Tri Anggono mengatakan, debat kandidat Pra Kongres adalah rangkaian acara Kongres ke XIX PB PMII yang diselenggaran di Palu Sulawesi Tengah, 15-20 Mei 2017.

Kongres PB PMII ke XIX yang diselenggarakan di Palu mengambil tema ‘Meneguhkan Konsensus Bernegara untuk Indonesia Berkeadaban’, didasari dari rasa prihatin dalam kehidupan bernegara yang saat ini sedang terkikis dalam konflik golongan dan meredupnya konsensus bernegara kita.

Debat kandidat dan Pra Kongres, diselenggarakan oleh BPK (Badan Pekerja Kongres) dan SC PB PMII merupakan amanah konstitusi yang ada di PMII. Debat kandidat ini bertujuan untuk menjaring dan memverifikasi bakal calon Ketua Umum PB PMII dan Ketua Kopri PB PMII yang merupakan rangkaian prosesi seleksi yang dirumuskan oleh BPK PB PMII, Debat Kandidat ini bermaksud untuk mendekatkan calon ketua umum kepada kader PMII di seluruh Indonesia.

Kader akan mengetahui sosok figur calon ketua umum-nya yang akan memimpin PMII secara nasional, disisi lain hal tersebut untuk membedah dan penyampaian visi-misi, gagasan pemikiran dan dialektika intelektual untuk membangun PMII secara nasional dalam kurun masa kerja satu periode ke depan. Tentunya para kandidat bakal calon ketua umum menyampaikan gagasan visi misi ke para kader dan secara khusus kepada pemilik suara yaitu cabang dan korcab di seluruh Indonesia.

Dengan mengetahui visi misi kandidat yang diharap adalah para pemilik suara dikongres nanti tidak terjebak pada pilihan yang pragmatis dan absurt dan tidak ada lagi kandidat calon ketua umum yang tiba-tiba datang di kongres PMII tanpa proses verifikasi yang menjadi aturan di PB PMII.

Debat Kandidat dan Pra Kongres di Medan ini dihadiri oleh 3 ketua Koordinator Cababg (PKC), yaitu PKC Sumatera Selatan, PKC Sumatera Utara, PKC Aceh dan Cabang-Cabang se-Sumatera Utara serta Aceh.

Debat Kandidat dan Pra Kongres yang diselenggarakan di Medan adalah yang ke 3 kalinya setelah di Makasar dan Pontianak. Debat kali ini diikuti oleh 9 kandidat bakal calon ketua umum PB PMII dari 15 kandidat balon ketum PB PMII dan 3 Kandidat bakal calon ketua KOPRI PB PMII dari 5 orang.

Kandidat-kandidat tersebut adalah, Ayi Sopwanul umam (Jawa Barat), Mulyadin permana (DKI Jakarta), Arif Hermanto (Jambi), Chandra (Ciputat), Zainal Abidin (Jember), M Zeni (Medan), Agus Herlambang (Jombang), Robet Iden Ulum (Kota Malang), Ahmad Zaerudin (Surabaya) dan Herlina Nasution (Medan), Liazul Kholifah (Ciputat), Septi Rahmawati (Metro Lampung). (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *