HeadlineIndeksKriminalitas

Konjen Malaysia Belum Ada Jenguk Sang Aktor Penyelundup Sabu

MEDAN (bareskrim.com) | Pasca penangkapan terhadap aktor film asal Malaysia, Khairell Benjamin bin Ibrahim alias Benjy, yang kedapatan selundupkan sabu, Polda Sumut belum ada menerima surat atau bantuan dari Konsulat Jenderal (Konjen) Malaysia di Medan.

“Sampai sekarang, kami belum ada menerima surat apapun atau kunjungan apapun dari pemerintah Malaysia maupun keluarga tersangka,” ujar Kasubdit II Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut, AKBP Hilman, Jumat (21/4/2017).

Meski belum ada, sambung Hilman, Polda mempersilakan siapapun untuk memberikan bantuan hukum kepada tersangka, termasuk dari Konjen Malaysia. “Kita persilakan, siapapun yang ditunjuk tersangka maupun pemerintah Malaysia untuk memberikan bantuan hukum kepada tersangka. Tetapi, sampai sekarang belum ada seorang pun yang datang menghadap kepada penyidik,” ujarnya.

Yang pasti, lanjut Hilman, saat ini tim Narkoba Poldasu sedang melakukan pengembangan atas adanya dugaan keterlibatan sejumlah orang yang diduga menjadi jaringan tersangka di Medan dan Sumut.

Apalagi, dari hasil pemeriksaan sementara, tersangka mengakui sebelum ditangkap di Bandara Kualanamu Internasional Air Port (KNIA), aktor film yang terkenal di Malaysia itu pernah lolos dari hukuman gantung.

“Itu kan pengakuan tersangka. Dan berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, tersangka akan membangun jaringannya di Medan. Siapa saja orang-orangnya dan sudah sejauh mana keterlibatannya, sedang dalam penyelidikan,” kata Hilman.

Hilman menyebutkan, pengungkapan jaringan tersangka itu butuh waktu dan informasi yang mendalam. Sebab, dari beberapa pengungkapan jaringan narkoba yang bersumber dari Malaysia, selalu menggunakan jaringan terputus.

“Jika jaringannya menggunakan metode terputus, kita harus banyak menggali informasi. Baik dari tersangka maupun saksi-saksi. Keterangan dan pengakuan tersangka ini perlu dianalisis secara mendalam sehingga, kita mendapat petunjuk untuk pengungkapan selanjutnya,” terangnya.

Namun demikian, sambung Hilman, hingga saat ini Polda Sumut masih berupaya menggali informasi dari tersangka. “Belum ada perkembangan, anggota saya masih di lapangan untuk menelusurinya,” pungkasnya. (mri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button