Narkoba Hasil Tangkapan Polda Sumut Selama Tiga Bulan 30 Kg Dimusnahkan

MEDAN (bareskrim.com) | Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw melakukan pemusnahan barang bukti narkotika berupa sabu seberat 35 kilogram (Kg) dan 11.433 ribu butir pil ekstasi serta 464,2 Kg daun ganja dengan cara direbus dan dibakar di halaman Gedung Direktorat Reserse Narkoba, Rabu (19/7/2017).

“Dengan dimusnahkan seluruh barang bukti ini, maka 300 ribu nyawa bisa terselamatkan,” kata Irjen Paulus Waterpauw.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan, sebutnya, merupakan hasil tangkapan Ditresnarkoba Polda Sumut dan Polres Langkat. Jajaran Polda berhasil menyita berupa 30 Kg sabu dan 9.615 butir pil ekstasi. Namun yang dimusnahkan hanya 29 Kg sabu dan 9.433 butir pil ekstasi.

“Kenapa jumlah yang dimusnahkan berkurang. Karena telah dipakai untuk penyelidikan ke laboratorium forensik (Labfor) dan untuk kebutuhan barang bukti oleh jaksa dalam menangani kasus ini hingga ke tingkat pengadilan,” jelasnya.

Sedangkan barang bukti yang berhasil disita Polres Langkat dari tangan pelaku kejahatan narkoba berupa 6 Kg sabu, 2 ribu pil ekstasi dan 464 Kg daun ganja. Sehingga total yang dimusnahkan 35 Kg sabu, 11.433 ribu butir pil ekstasi dan 464,2 Kg ganja.

Paulus berharap seluruh elemen terkait dapat terus berperan dalam mengungkap kasus penyalahgunaan narkotika demi menyelamatkan generasi penerus bangsa dari bahaya narkoba.

“Mudah-mudahan hasil pengungkapan ini, semakin berhasil kedepannya sehingga semakin banyak jiwa dan nyawa yang terselamatkan,” pungkas Kapolda seraya menambahkan, jika permasalahan narkoba ini telah menjadi kejahatan trans nasional karena sudah melibatkan berbagai jaringan internasional.

Sementara itu, Direktur Reserse Narkoba, Kombes Edi Iswanto menyebutkan, bila barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil tangkapan selama empat bulan terakhir.

Selama periode itu polisi berhasil menangkap 80 orang pengedar dan pemakai narkotika dari berbagai lokasi. “Jadi ke-80 orang ini merupakan hasil penangkapan selama periode Maret hingga Juni 2017,” kata Edi.

Mereka yang tertangkap ini berasal dari 45 kasus yang merupakan hasil kinerja dari petugas Ditres Narkoba Polda Sumut dan Polres Langkat. “Dari Polda 40 laporan dengan jumlah tersangka 74 orang dan dari Polres Langkat lima laporan dengan jumlah tersangka enam orang,” ungkap Edi.

Sehingga total sebanyak 45 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 80 orang yang ditangani Polda Sumut dan Polres Langkat periode Maret-Juni 2017. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *