Mahasiswa Baru Dikenalkan Suasana Kampus Unimed

MEDAN (bareskrim.com) | Sebanyak 4.989 mahasiswa baru Universitas Negeri Medan (Unimed) yang diterima tahun 2017, baik itu melalui jalur SNMPTN, SBMPTN hingga Mandiri diberikan pembekalan.

Ribuan mahasiswa baru tersebut diberikan motivasi oleh Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd melalui Wakil Rektor I Prof Dr Abdul Hamid K MPd, di Gedung Serbaguna kampus tersebut, Selasa (15/8/2017).

Prof Dr Abdul Hamid K menyampaikan, pembekalan ini dilaksanakan selama dua hari. Tujuannya agar mahasiswa baru lebih mengenal lagi suasana kampusnya, yang menjadi tempat menuntut ilmu.

“Tidak ada lagi istilah ‘perpeloncoan’ terhadap mahasiswa baru. Semua pembekalan lebih kepada orientasi akademik dengan suasana kekeluargaan,” ungkap Prof Abdul Hamid saat diwawancarai disela-sela Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) Unimed.

Diutarakannya, dengan pembekalan yang diberikan ini diharapkan para mahasiswa baru nantinya saat perkuliahan dimulai yakni 21 Agustus mendatang sudah siap. Dengan begitu, mereka dapat mengikuti model pembelajaran yang diterapkan di Unimed.

Selain tentang kegiatan perkuliahan, sambungnya, diperkenalkan juga berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Kampus Unimed. Sehingga, dengan demikian mereka tahu mengembangkan potensi diri yang dimilikinya.

“Pada intinya, pembekalan itu tujuan utamanya adalah membangun karakter. Kepada mahasiswa lama yang menjadi panitia dapat memberi contoh teladan. Sebab, kampus ini gudangnya membangun karakter anak bangsa,” tutur Prof Abdul Hamid didampingi beberapa wakil rektor lainnya.

Sementara, Kepala Humas Unimed M Surip menambahkan, dari 4.989 jumlah mahasiswa baru Unimed yang ikut PAMB Tahun 2017 meliputi jalur SNMPTN 1214 orang, SBMPTN 1863 orang, Mandiri 1912 orang dan Beasiswa Bidikmisi 759 orang.

“Pada pembekalan ini nantinya ada juga diberikan wawasan kebangsaan terhadap mereka,” tutur Surip.

Menurutnya, mahasiswa baru Unimed saat ini harus mengetahui persis posisi kampusnya seperti apa. Karena, dengan begitu mereka akan tahu peluang kedepannya.

“Memahami kondisi Unimed itu seperti apa sangat penting. Sebab, Unimed saat ini telah meraih akreditasi A dan merupakan satu-satunya PTN di Sumut. Oleh karenanya, mengenal lebih dekat Unimed itu penting lantaran Unimed memiliki peluang besar untuk memberikan kontribusi terhadap negara,” tukasnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *