Kapolda: Polwan harus Mampu Ukir Prestasi

MEDAN (bareskrim.com) | Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw beserta Wakapolda Sumatera Utara Brigjen Agus Andrianto, Ketua Bhayangkari Daerah Sumatera Utara Roma Megawanti Pasaribu Waterpauw, para Pejabat Utama Polda Sumut, dan para Pengurus Bhayangkari Daerah Sumut menghadiri kegiatan syukuran hari ulang tahun Polwan ke 69 di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Sabtu (16/9/2017).

Dalam kegiatan ini turut hadir para sesepuh Polwan, Pakor Polwan Polda Sumut, perwakilan Kowad dan Polwan sejajaran Polda Sumut.

“Tema dalam kegiatan HUT Polwan tahun ini adalah Polwan Profesional, Modern Dan Terpercaya Demi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan diisi dengan acara tari tarian dan lagu serta parodi pendidikan Polwan saat berada di Sekolah Polwan yang semuanya dibawakan oleh para Polwan jajaran Polda Sumut,” ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting yang turut menghadiri acara tersebut.

Syukuran hari ulang tahun Polwan ke 69 ini diawali dengan tarian penyambutan kedatangan Kapolda Sumut beserta Ibu Asuh Polwan Polda Sumut yang dibawakan oleh polwan Dit Lantas Polda Sumut, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Polwan.

Dalam kegiatan ini Ketua Bhayangkari Daerah Sumut yang juga menjadi Ibu Asuh Polwan turut memberikan kata sambutan dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kapolda Sumut.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda Sumut beserta Ibu Asuh Polwan Polda Sumut yang diberikan kepada Polwan Tertua dan Termuda sejajaran Polda Sumut.

Dalam kegiatan ini ada beragam kegiatan hiburan yang ditampilkan oleh Polwan Polwan sejajaran Polda Sumut di antaranya tarian Papua yang di bawakan oleh Polwan Polrestabes Medan, di lanjutkan dengan persembahan nyanyian oleh Diva Polda Sumut, tarian Sunda oleh Polwan Polwan Polres Batubara.

Dalam acara syukuran tersebut, Kapolda Sumut dan Ibu Asuh Polwan Polda Sumut juga turut memberikan hadiah dan apresiasi kepada Polwan berprestasi di Polda Sumut kemudian dilanjutkan dengan tampilan parodi Polwan saat pendidikan yang di bawakan oleh Polwan gabungan sejajaran Polda Sumut.

“Tidak ketinggalan dalam kegiatan ini Kapolda Sumut dan Ketua Bhayangakari Daerah Sumut juga turut mempersembahkan 2 buah lagu untuk Polwan-Polwan sejajaran Polda Sumut untuk memeriahkan acara syukuran hari ulang tahun Polwan ke 69 di Polda Sumut,” katanya.

Kapolda Sumut bersama Ibu Asuh dan Wakapolda Sumut serta pejabat utama lainnya juga menyempatkan diri menari bersama dengan personel polwan sambil menyanyikan lagu Sajojo dari Papua. Kapolda Sumut dan Ibu Asuh Polwan juga berduet menyanyikan selamat ulang tahun kepada para Polwan Polda Sumut.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw dalam sambutannya mengucapkan syukur kepada Tuhan karena dapat berkumpul bersama melaksanakan kegiatan dalam rangka syukuran HUT Polwan ke 69 tahun 2017 di Polda Sumut.

Kapolda Sumut juga mengucapkan terima kasih kepada Polwan yang selama 2 bulan terakhir ini meraih prestasi lomba judo dalam kegiatan Kapolri Cup yang sudah meraih prestasi menjadi juara 1 dan juara 3 yang mengharumkan nama Polwan Polda Sumut.

Kapolda Sumut mengatakan, Polwan-Polwan Polda Sumut harus dapat mengembangkan karirnya ataupun hobbynya agar dapat menjadi warna tersendiri untuk institusi Polri ini.

“Kemarin itu kita sudah memberhentikan tidak dengan hormat satu Polwan di Polda Sumut ini akibat pelanggaran yang sudah dia lakukan, saya berharap agar kedepannya tidak ada lagi Polwan yang seperti itu, Polwan harus mampu mengukir prestasi,” ucap Kapolda Sumut.

Kapolda Sumut berharap Polwan Polda Sumut dapat menjadi individu yang profesional, memiliki kepribadian menarik, Polisi yang moderen dengan memiliki kemampuan intelektual yang baik sehingga dapat menjadi Polisi Wanita yang profesional sesuai dengan tema HUT Polwan yang ke 69 tahun 2017 “Polwan yang profesional, modern dan terpercaya demi ke utuhan NKRI”.

Kapolda mengatakan, Polda Sumut sangat terbuka untuk Polwan yang berperestasi, ukirlah prestasi sebaik mungkin, kalau tidak jadilah Polwan yang mampu menjaga diri atau Polisi yang normal saja dan jangan membuat pelanggaran. “Jadi lah Polisi yang biasa biasa saja, jika tidak mampu berprestasi jangan coreng citra Polwan seindonesia,” ucap Kapolda Sumut

Di usia ke 69 ini, Kapolda Sumut berharap, Polwan harus dapat menjaga diri saat menjalankan tugas dan tetap berhati hati, tetap menjadi kodrat sebagai wanita di mana memiliki tanggung jawab kepada suami dan anak–anak. Tetap menjalankan tupoksi sebagai seorang Polri.

“Di saat tugas uruslah pekerjaan anda, jangan urus keluarga, di saat libur silahkan urus keluarga anda jangan urus pekerjaan anda agar semuanya berimbang,” ucap Irjen Paulus.

Sementara Ketua Bhayangkari Daerah Sumut sekaligus ibu asuh Polwan Polda Sumut Roma Megawanti Pasaribu Waterpauw mengucapkan syukur kepada Tuhan karena dapat berkumpul bersama di Aula tribrata Polda Sumut dalam rangka merayakan hari ulang tahun Polwan yg ke 69, ibu asuh Polwan Polda Sumut mengatakan hari jadi Polwan yang seyogyanya jatuh pada tanggal 1 September yang pada saat itu merupakan hari libur nasional baru dapat di laksanakan pada tanggal 11 September 2017 di Mabes Polri dan kita jajaran Polda Sumut di sela sela kegiatan yang padat baru dapat melaksanakannya hari ini, saya rasa merupakan sebuah anugrah yang luar biasa.

Ketua Bhayangkari Daerah Sumut mengatakan, sebagai Polisi Wanita tentulah harus berbangga hati dan bersyukur karena banyak sekali perempuan lain yang ingin bergabung di institusi Polri namun tidak kesampaian, apalagi saat ini banyak sekali Polwan yang mengukir prestasi dan menduduki jabatan yang strategis di institusi Polri.

Tidak dipungkiri pula status Polwan tetap menyadari kodratnya sebagai perempuan, dimana harus pandai mengatur waktu antara urusan pekerjaan dan keluarga.

“Saya sampaikan kepada mbak-mbak Polwan harus pintar-pintar dalam mengurus waktu, jangan bagus di karir tapi rumah tangganya berantakan, karena bagaimanapun Polwan tetaplah seorang wanita dimana memiliki tanggung jawab yang berlipat baik dalam kerjaan maupun keluarga,” ucap Ketua Bhayangakri Daerah Sumut.

Saat ini, dalam pelaksanaan tugas baik Polwan maupun Polki sudah berdiri sejajar tidak lagi membeda-bedakan, tetaplah menjadi sosok yang menjaga moral dan menjadi Polwan yang handal, berkepribadian yang menarik dan mempunyai intelektual, serta tetap menjaga penampilan yang memunculkan kecantikan dari dalam.

Ketua bhayangkari Daerah Sumut juga mengatakan “jadilah sosok seorang istri bagi suami, seorang ibu untuk anak-anaknya dan jadilah abdi negara untuk masyarakat” maka dari itu perlunya dukungan dari keluarga di dalam karir dan langkah sebagai Polwan.

Ketua Bhayangakri mengucapkan selamat dan sukses serta apresiasi kepada seluruh Polwan jajaran Polda Sumut semoga kedepan para Polisi Wanita akan selalu tergerak untuk menjadi Bhayangkara yang tangguh dan membawa harum nama institusi Polri. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *