Terlibat Pungli | Kepala Pasar Marelan Diciduk

MEDAN (bareskrim.com) | Kepala Pasar dan tiga anggotanya kedapatan lakukan pungutan liar (pungli) terhadap para pedagang, Jumat (24/8/2018), ditangkap personel Subdit IV/Renakta Ditreskrimum dan Subdit III/Tipidkor Ditreskrimsus Polda Sumut.

Keempat pelaku yang diamankan di Pajak Marelan Kecamatan Medan Marelan, yakni AS (48) Kepala Pasar, warga Jalan Tempirai 21 No.15 Martubung, RM (47) selaku karyawan P3TM, warga Jalan Takenaka Gang Family Lingkungan V Kelurahan Paya Pasir Medan Marelan, R (49) anggota P3TM Pasar Marelan, warga Pasar Nippon Siombak Labuhandeli Medan Marelan dan MAR (50) Bendahara atau Sekretaris P3TM Pasar Marelan, warga Marelan Raya Lingkungan 7 Rengas Pulau Marelan.

Keempat pelaku diamankan karena meminta sejumlah uang kepada pedagang yakni, Rotua Sinaga (48) warga Jalan Kemenangan Gang Mulio Pancing dengan barang bukti uang senilai Rp 2 juta, 4 handphone dan tas ransel yang berisikan berkas-berkas dan barang bukti.

Kasubdit IV/Renakta Ditreskrimum Poldasu, AKBP Leonardo Simatupang, SIK yang memimpin Operasi Tangkap Tangan (OTT) mengatakan bahwa pihaknya mendapat informasi dari masyarakat dan berita di Medsos adanya pelaku tindak pidana pungutan liar di pajak Marelan.

Kemudian tim Opsnal yang dipimpin oleh AKBP Leonardo Simatupang, SIK bersama anggota yakni, AKP Manson Nainggolan SH MSi, Iptu TP Napitupulu, Iptu OD Panjaitan, Bripka Irfan Siregar, Brigadir Marthin Saragih, Briptu Dimas dan Briptu Faisal melakukan lidik terhadap pedagang pajak Marelan.

“Dan tenyata benar telah terjadi jual beli meja dagangan yang dilakukan oleh P3TM, dan uang tersebut disetorkan kepada Kepala PD Pasar Marelan. Adapaun harga satu meja sebesar Rp 12 juta, dengan uang panjar sebesar Rp 3 juta dan kekurangannya dapat dicicil pedagang ke P3TM. Kemudian P3TM menyetorkan uang tersebut ke Kepala PD Pasar Pajak Marelan. Selanjutnya tim saber pungli mengamankan para pelaku dan menyerahkan ke Unit Saber Pungli Polda Sumut,” ujarnya.

Lanjut Kasubdit Renakta, saat ini para tersangka telah diamankan bersama barang bukti, begitu juga dengan korban saat ini telah dimintai keterangannya. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *