HeadlineIndeksKriminalitas

Polda Sumut Ungkap Kasus Dugaan Alih Fungsi Hutan

MEDAN (bareskrim.com) | Polda Sumut menetapkan pria D, sebagai tersangka atas dugaan alih fungsi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit seluas kurang lebih 300 ha di Kecamatan Sei Lepan, Besitang, Kabupaten Langkat.

Hal tersebut diutarakan oleh Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Tatan Dirsan Atmaja ketika menggelar konferensi pers di Mapolda Sumut, Rabu (30/1/2019).

“Setelah dilakukan gelar perkara, kita (pihak kepolisian) menetapkan yang bersangkutan (D) sebagai tersangka atas dugaan alih fungsi hutan menjadi kebun kelapa sawit di Kecamatan Sei Lepan, Besitang Kabupaten Langkat,” ungkap Tatan.

Tatan mengaku bahwa D sudah diamankan pihak Polda Sumut dan sebelumnya sudah dilakukan pemanggilan.

“Semalam (29Januari 2019), D sudah diamankan, saat ini yang bersangkutan masih dilakukan pemeriksaan untuk proses lebih lanjut,” tambah Tatan.

Dalam proses hukum, Kabid Humas Polda Sumut mengaku bahwa pihak kepolisian masih menetapkan D sebagai tersangka. Untuk kedepannya, Kabid Humas belum mau berkomentar lebih jauh. “Saat ini hanya D sebagai tersangka, kita lihat saja proses pemeriksaan penyidik,” sambung Tatan.

“Pihak kepolisian mempersangkakan tersangka D dengan undang-undang perkebunan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan ancaman hukuman maksimal 8 tahun penjara,” ujar Kabid Humas menjelaskan.

Sebelumnya, pihak Direktorat Reserse Kriminal Khusus Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Polda Sumut diduga melakukan penggeledahan di kantor PT ALAM milik D, di Kecamatan Medan Barat. Dari lokasi polisi mengamankan beberapa unit komputer dan dokumen. (red/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button