Polda Sumut Peringati HUT ke 74 RI di Lapangan KS Tubun

MEDAN (bareskrim.com) – Kapolda Sumut Irjen Agus Adrianto pimpin Upacara HUT ke 74 Kemerdekaan RI Tahun 2019, bertempat di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Sabtu (17/8/2019). Dalam upacara tersebut turut di hadiri oleh Irwasda Polda Sumut, pejabat utama Polda Sumut, personel Polri dan ASN Polda Sumut sekitar 1000 personel.

Inspektur Upacara, Kapoldasu Irjen Agus Adrianto membacakan amanat arahan Kapolri yang menyampaikan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang besar memiliki wilayah yang terbentang sepanjang lebih dari 5.428 km, memiliki 17.506 pulau, serta garis pantai sepanjang 99.093 km.

Indonesia juga dianugerahi sumber daya alam yang beragam dan melimpah mulai dari keanekaragaman flora dan fauna, bahan-bahan tambang yang bernilai tinggi, serta kekayaan hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan kelautan.

Kapoldasu menyampaikan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, menjadi momentum bagi kita untuk bersyukur, atas seluruh karunia Tuhan Yang Maha Esa. selain itu, peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia juga menjadi momentum bagi kita untuk berterima kasih kepada seluruh pahlawan kusuma bangsa, atas seluruh perjuangan, pengabdian, dan pengorbanan, kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Kapolda Sumut juga mengatakan bahwa pemolisian di era demokrasi harus
bertumpu kepada upaya untuk meraih kepercayaan masyarakat, selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara. hal tersebut diwujudkan dengan penegakan supremasi hukum dan HAM, peningkatan kualitas pelayanan publik, serta optimalisasi pemeliharaan Kamtibmas. Pemolisian di era demokrasi juga harus disertai dengan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan tugas dan pengelolaan organisasi.

Kapolda Sumut kemudian menyampaikan pesan pada upacara peringatan ke-73 Hari Bhayangkara
Tahun 2019, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan 5 Instruksi kepada institusi Polri. salah satunya tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia Polri.

Hal tersebut merupakan implementasi agenda pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu “meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing”.

Oleh karena itu Kapolda Sumut berpesan kepada seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas. laksanakan deteksi dini, jalin koordinasi dan kerja sama sinergitas dengan satuan TNI di semua tingkatan, Pemerintah Daerah, para pemangku kepentingan, serta seluruh elemen masyarakat, baik secara formal maupun informal selanjutnya, pedomani seluruh ketentuan dan aturan yang berlaku, serta hindari perbuatan yang dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap Polri. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *