Menristekdikti Lantik Syamsul Gultom Jadi Rektor Unimed

JAKARTA (baresktim.com) | Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) melantik Dr Syamsul Gultom SKM MKes, sebagai Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) untuk periode 2019-2023 di gedung auditorium kantor Kemristekdikti di Jakarta pada Kamis (29/8/2019).

Menristekdikti Prof H Mohamad Nasir, PhD Ak berpesan agar Rektor Unimed dapat mengemban amanat serta menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, untuk meningkatkan mutu dan daya saing lulusan.

Mohamad Nasir meminta Rektor baru Unimed agar senantiasa mengembangkan kreasi dan inovasi dalam menyongsong era revolusi industri 4.0, dan pembelajaran berbasis blended learning.

“Rektor juga diminta meningkatkan kualitas tata kelola perguruan tinggi. Artinya, kualitas tata kelola harus transparan, fairness, accountability, dan responsibility,” katanya.

Menristekdikti juga mengimbau Rektor Unimed, agar meningkatkan kualitas pelayanan akademik kepada mahasiswa dan masyarakat. ”Hindari perlakuan diskriminatif kepada siapapun, karena kampus adalah pusat dibangunnya peradaban manusia yang bermutu,” imbau Nasir seraya menambahkan, semoga bisa melaksanakn tugas dan fungsinya sebagai pimpinan Unimed dengan baik.

“Ciptakanlah good governent, tata kelola dgn baik. Apa yg belum yang dicapai rektor sebelumnya, teruslah gapai capaian tersebut. Peningkatan akreditasi institusi dan Prodi juga harus jadi perioritas untuk capai akreditasi A semuanya,” katanya.

Menristekdikti juga mengucapkan terima kasih dan pengargaan yang setinggi-tingginya kepada Prof Dr Syawal Gultom MPd, yang sebelumnya menjabat Rektor Unimed, telah banyak membawa perubahan terbaik, terutama membawa Unimed menjadi akreditasi A, serta banyak prestasi yg telah dicapai.

Sementara, Rektor Unimed yang baru dilantik Dr Syamsul Gultom MKes mengaku, siap mengemban amanah dan akan menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Sejak awal, Unimed berkomitmen untuk mencetak lulusan bermutu dan berdaya saing yang memiliki karakter dan sikap yang baik, hal ini sejalan dengan tack line Unimed “The Character Building University”.

“Kita akan tingkatkan pengabdian pada masyarakat dan publikasi ilmiah karya dosen dan mahasiswa di jurnal internasional bereputasi guna memberikan kontribusi serta menjawab permasalahan masyarakat secara global,” jelasnya.

Dr Syamsul juga berkomitmen akan tingkatkan kualitas dan kompetensi dosen dan mahasiswa. “Tidak ada pilihan lain selain merespon secara cepat dan tepat seluruh permasalahan masyarakat dengan meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa untuk menciptakan lulusan bermutu dan berdaya saing, karena kehadiran Unimed harus terus bermanfaat bagi masyarakat, terutama warga Sumatera Utara,” ungkapnya.

Pelantikan ini dihadiri pejabat struktural eselon I di Kemristekdikti, diantaranya Sekjen Kemenristekdikti Ainun Na’im, Dirjen Belmawa Ismunandar, Dirjen SDIPPT Ali Ghufron Mukti, Dirjen PI Jumain Appe, dan pejabat Kemristekdikti lainnya.

Ikut hadir juga keluarga besar Dr Syamsul Gultom MKes dan pimpinan Unimed yakni Prof Dr Syawal Gultom, M.Pd. (Rektor Unimed periode 2007-2012, 2015-2019), Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution dan Karo SDM Polda Sumut Kombes Pol IK Suardana MSi, para Wakil Rektor, Dekan dan Direktur PPs serta puluhan civitas Unimed yang ikut menyaksikan pelantikan Rektor di kantor Kemristekdikti. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *