Ditresnarkoba Polda Sumut Tangkap Pria Batubara Bawa 9 Kilo Sabu

MEDAN (bareskrim.com) | Kedapatan bawa narkotika jenis sabu pria inisial DE (33), warga Dusun Gambus Laut, Kecamatan Tanjungtiram, Kabupaten Batubara, ditangkap personel Unit 2 Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Sumut. Dari pria itu didapati karena sabu seberat 9 kilogram (Kg).

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut, Kombes Hendri Marpaung melalui Kasubdit I, AKBP Fadris menyebut, rencananya, sabu tersebut akan diedarkan di wilayah Kabupaten Batubara.
Penangkapan itu dilakukan atas informasi masyarakat yang diterima petugas pada Rabu (4/9/2019). Disebutkan, ada seorang penumpang bus melintas dari Dumai menuju Medan membawa narkotika jenis sabu.
“Kita langsung bergerak menuju ke Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu untuk memantau bus yang dimaksud,” kata Fadris, Kamis (12/9/2019).
Saat bus melintas, kata Fadris, pihaknya menghentikan dan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh penumpang dan barang bawaannya.
“Kita menemukan satu penumpang yang kedapatan membawa satu karung goni putih  berisikan 9 bungkus teh cina hijau merek qing shan yang kita duga berisi narkotika jenis sabu,” terangnya.
Sebut Fadris, dari pengungkapan kasus itu, pihaknya juga mengamankan sepeda motor Honda Vario nomor polisi BK 2136 MAO.
Kepada petugas, DE mengaku sepeda motor itu dikendarai dari Batubara menuju Dumai untuk menjemput 9 bungkus narkotika jenis sabu yang diterimanya dari seorang pria berinisial IA. Petugas masih memburu IA dan kini masuk daftar pencarian orang (DPO).
“Setelah menerima sabu, tersangka kembali ke arah Batubara dengan sepeda motor Vario. Di tengah jalan, dia menghentikan bus Makmur untuk menumpang kembali ke Batubara. Tersangka juga menaikkan sepeda motornya ke bus,” urainya.
“Tersangka mengaku sabu itu diambil di Dumai untuk disebarkan di Batubara,” ujar Fadris, menyebut tersangka ditangkap di jalan lintas Rantauprapat – Medan, Kabupaten Labuhanbatu pada sekitar pukul 01.10 WIB.
Saat ini, tersangka dan barang bukti sudah diamankan di Ditresnarkoba Polda Sumut untuk pemeriksaan lebih lanjut, termasuk mencari informasi mengenai keberadaan IA. (amri/B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *