Disdukcapil: Lengkapi Persyaratan Satu Jam Saja Urus Akte Kelahiran

KUTACANE (bareskrim.com) | Mengurus surat akte kelahiran sudah sangat mudah dilakukan masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara (Agara). Dalam satu jam semua urusan terselesaikan jika pemohon (masyarakat) melengkapi seluruh persyaratan pembuatan akte kelahiran.

“Untuk dapat membuat akte kelahiran sangat mudah. Yang utama adalah masukkan nama anak terlebih dahulu ke kartu keluarga (KK),” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), Julkarnain melalui Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, Dian Iskandar kepada awak media Berita Regulasi Sosial Kriminalitas (bareskrim.com), Selasa (17/9).

Menurutnya, syarat cukup melampirkan fotocopy dua orang saksi dan membawa KK, proses dalam satu jam akte kelahiran sudah bisa diambil di loket.

Penjelasan ini terungkap untuk menepis isu yang berkembang bahwa di Dinas Dukcapil ada melakukan pengutipan atau meminta imbalan itu pengurusan akte kelahiran. “Hal itu tidak benar. Kalau ada anggota kami yang melakukan kutipan liar, tolong laporkan kepada saya biar ditindak. Jika itu oknumnya berstatus honor akan saya keluarkan, tapi kalau oknum PNS akan kita buat laporan kepada pihak kepolisian,” ujar Dian. (ijal/B)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *