Wakapolda: Pelajar Jangan Mudah Terprovokasi dengan Berita Hoax

MEDAN (bareskrim.com) | Wakapolda Sumut, Brigjen Mardiaz Kusin Dwihananto, Goes To School di SMA Negeri 1 Medan, Jalan Cikditiro, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia Medan, Senin (30/9/2019).

Kegiatan Wakapolda Sumut didampingi Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Juliani Prihatini, Kapolsek Medan Baru, Kompol Martuasah Tobing, serta Bhabinkamtibmas Kelurahan Madras Hulu, Aiptu Juani Sinaga.

Setibanya di SMA Negeri 1 Medan, rombongan Wakapolda Sumut disambut Kepala Sekolah SMA Negeri 1 N Medan, Drs Suhairi MPd bersama seluruh guru guru, staf dan murid-murid berjumlah kurang lebih 1.300 orang.

Tampak hadir juga dalam kedatangan Wakapolda Sumut dari Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Arsyad Lubis, Danramil Medan Baru, Kapten Arh.Eddi Hutabarat SH MH, Camat Medan Polonia, Amran Sanusi Rambe, S.Sos, M.SP dan Lurah Madras Hulu, Amrul Jihat SSos.

Dalam kegiatan goes to school ini, Wakapolda Sumut menyampaikan arahan mengenai situasi sekarang ini perlu dicermati dengan bijak, dan jangan mudah terprovokasi dengan berita-berita hoax yang belum tentu kebenarannya, waspada terhadap isu-isu intolerans yang menyesatkan, serta bijak dalam menggunakan media sosial dan senantiasa menjaga keutuhan dan kebhinekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Usia adik-adik sekalian juga tidak luput dari pelaku tindak pidana, seperti narkoba, pergaulan bebas, curanmor, penyalahgunaan tehnologi (IT), kejahatan jalanan dan pelanggaran lalu lintas. Oleh karenanya hindari semuanya dan belajarlah yang rajin,” tegas Wakapolda.

Hal yang penting sesuai perkembangan situasi dan kondisi saat ini, menurut Wakapolda, hindarilah untuk ikut terlibat dalam aksi unjuk rasa, karena pelibatan dan penyalahgunaan anak kegiatan politik dilarang secara tegas oleh UU No. 25 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

“Perlibatan pelajar dalam aktivitas politik akan membawa dampak negatif bagi pelajar sekalian. Dampak negatif tersebut disebabkan karena masih minimnya kemampuan pelajar dalam menyaring atau memfilter informasi,” jelasnya.

Diakhir amanatnya Wakapolda Sumut menitipkan pesan pesan penting untuk menjaga situasi keamanan yang sudah ada dilingkungan sekolah, rajinlah belajar untuk masa depan yang cerah serta hormati dan patuhi perintah guru.

“Kepada adik adik semua, janganlah terlibat tindak pidana dan membuat ataupun menyampaikan berita-berita hoax, ujaran kebencian dan intolerans serta selalu tertib berlalulintas,”pesan Wakapolda.

Sementara, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan, Drs. Suhairi MPd  menyampaikan terimakasih dan kebanggaannya atas kehadiran Wakapolda Sumut di Sekolah SMA Negeri 1 Medan.

“Kami siap mendukung dan membantu program kepolisian dalam menjaga dan memelihara kamtibmas, semoga Polri semakin sukses dalam pengabdiannya dan semakin dicintai masyarakat,” kata Suhairi. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *