Ketua DKSU Kecewa Batalnya Renovasi Gedung Teater TBSU

MEDAN (bareskrim.com) | Ketua Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU), Baharuddin Saputra melontarkan kekecewaan terkait dibatalkannya renovasi gedung teater di Taman Budaya Sumut.

“Rencana renovasi pembangunan gedung teater di TBSU harus dilaksanakan, karena itu sangat mendasar, bahwa Medan sebagai ibukota Sumut dan kota terbesar ke 3 di Indonesia harus mempunyai gedung pertunjukan yang refresentatif sesuai standart gedung teater di dunia. Panggungnya harus modern dan penonton duduk nyaman,” ucap Bahar, sapaan akrabnya, angkat bicara kepada wartawan, Jumat (22/11/2019).

Menurutnya, melihat kondisi isi gedung dan ruang mack-up serta toilet di bawah pentas yang tergenang air, sangat kumuh dan sudah tidak pantas digunakan lagi, tapi masih juga diberdayakan karena gedung utama yang dibangun tahun 80-an itu belum dilakukan renovasi.

“Seniman teater sangat butuh panggung untuk pementasan, begitu juga cabang seni lainnya sangat mendambakan sebuah gedung yang baik. Pemerintah yang harus hadir untuk melakukan pembangunan infrastruktur pembinaan seni Budaya di Sumatera Utara,” ujar Bahar.

“Ketika kami mendengar telah disetujui DPRD Sumut usulan Disbudpar mengalokasikan dana renovasi gedung teater sebesar Rp 3 miliar, berbunga-bunga rasanya seluruh seniman bakal memiliki gedung yang representatif. Namun ternyata pekerjaan renovasi dibatalkan hanya karena keberadaan TBSU berada diatas tanah milik Pemko Medan. Mestinya tetap saja dilaksanakan, soal siapa pemilik gedungnya nantikan bisa dibicarakan, yang penting lakukan renovasi gedung pertunjukan itu,” cetus Bahar sambil menambahkan, pihaknya mendapat desakan sejumlah seniman untuk meminta ketegasan Gubernur Sumut, agar rencana renovasi tetap dilaksanakan.

Bahar menambahkan, keberadaan DKSU sebagai perpanjangan tangan seniman sekaligus mitra Gubernur, tentu menampung semua aspirasi para pelaku seniman. “Kabar ini segera akan kita sampaikan ke pada Gubernur Edy Rahmayadi,” sebutnya.

Melalui media, pihaknya berupaya optimal, semoga Gubernur segera menindaklanjuti permintaan dan harapan Seniman agar pembangunan renovasi Gedung Teater tetap dilaksanakan.

“Kalau memang sudah dialokasikan dananya, sebaiknya dilaksanakan renovasi, sebab belom tentu usulan yang sama akan gol tahun tahun berikutnya. DKSU siap menjadi garda terdepan ikut serta melakukan renovasi, bukan tidak mungkin seniman gotong-royong bekerjasama menggunakan dana tersebut,” imbuh Bahar. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *