Polsek Medan Baru Adakan Rapat Koordinasi dengan Tokoh Agama/Pengurus Gereja Jelang Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

MEDAN (bareskrim.com) | Menjelang pelaksanaan Perayaan Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Baru menggelar Rapat Koordinasi dengan Pengurus Gereja-gereja yang berada di wilayah hukum Polsek Medan Baru, Kamis (28/11/2019).

Rapat Koordinasi yang diadakan di Aula Polsek Medan Baru Jalan Nibung No. 1 Medan, dihadiri Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah H.Tobing SIK MH yang diwakili oleh Wakapolsek Medan Baru AKP Uli Lubis SH, Personal Bhabinkamtibmas dan Perwakilan pengurus dari masing-masing gereja sebanyak 52 perwakilan yang ada diwilayah hukum Polsek Medan Baru dari Kecamatan Medan Petisah dan Kecamatan Medan Polonia.

Mewakili Kapolsek Medan Baru, Wakapolsek Medan Baru AKP Uli Lubis SH menyampaikan arahannya bahwasannya rapat koordinasi ini dilaksanakan menjelang pelaksanaan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 untuk menyamakan presepsi dan sinergitas pengamanan Operasi Lilin Toba 2019 yakni pengamanan Ibadah Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 antara personal Polsek Medan Baru dengan pengamanan internal gereja masing-masing.

“Peran serta pendeta termasuk pengurus sebagai keamanan internal dapat berkerjasama dengan petugas kepolisian selama perayaan natal di gereja, demi terciptanya situasi kamtibmas yang tertib, aman dan kondusif. Dan setiap pengurus gereja diharapkan memberikan agenda kegiatan sehingga bisa diantisipasi bersama,” kata AKP Uli Lubis.

Dari masing-masing gereja, lanjut Wakapolsek Medan Baru yang mengharapkan dapat melaksanakan rapat internal untuk pola pengamanan dan bentuk panitia pengamanan ibadah Natal baik parkir, pintu masuk dll.

“Kita jangan underestimate untuk kegiatan Pengamanan Natal ini, kita harus tetap persiapkan dengan sebaik-baiknya dari pola pengamanan dan agar pengamanan internal di gereja juga dimaksimalkan. Sebab yang tahu tentang sosok identitas jemaat yang biasa hadir adalah pihak gereja itu sendiri,” jelasnya.

AKP Uli Lubis juga menyampaikan, harapan dari Kapolsek Medan Baru bahwa pihak Gereja kiranya dapat memiliki petugas keamanan internal dan petugas parkir yang memiliki seragam ataupun kartu pengenal untuk memudahkan hubungan komunikasi dengan petugas kepolisian.

“Polisi juga akan mempersiapkan personal pengamanan yang berpakaian dinas lengkap dan personal berpakaian sipil serta personal Lalu lintas untuk pengaturan arus lalu lintas di seputaran Gereja,” ujarnya.

Salah satu perwakilan dari pengurus gereja yang hadir Bapak St Sitompul dari Gereja GKPI Komplek Pamen mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasa H.Tobing SIK MH yang telah menginisiasi pertemuan rapat koordinasi tersebut.

“Atas adanya rapat koordinasi, kami dari perwakilan pengurus gereja dapat mendengar, dan sharing informasi secara langsung tentang perkembangan dan informasi pengamanan ibadah Natal dan ibadah Tahun Baru. Semoga kedepan dalam pelaksanaan ibadah dan pengamanan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan dan semoga tetap dalam lindungan Yang Maha Kuasa,” kata Bapak St Sitompul. (nico/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *