Unimed Siap Cetak Generasi Milenial Terampil Hadapi Revolusi Industri 4.0

MEDAN (bareskrim.com) | Universitas Negeri Medan (Unimed) mewisuda sebanyak 1.531 lulusan yang terdiri dari gelar Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma di Gedung Serbaguna Unimed, Rabu (11/12/2019).

Ribuan wisudawan tersebut berasal dari lulusan program Pascasarjana sebanyak 160 orang, Fakultas Ilmu Pendidikan 135 orang, Fakultas Bahasa dan Seni 188 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 375 orang, Fakultas Teknik 162 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan 79 orang, Fakultas Ekonomi 283 orang serta 3 Doktor Pendidikan, 19 Magister Humaniora, 123 Magister Pendidikan, 14 Magister Sains.

Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom SKM MKes mengucapkan selamat kepada para lulusan yang telah memperoleh gelar akademik yang diraih.

Rektor menyatakan, apa yang sudah diraih oleh wisudawan itu dapat menghantarkan ke gerbang kesuksesan menyongsong masa depan yang gemilang. Lanjutnya, pada era revolusi industri 4.0 saat ini pihaknya siap dan mempersiapkan generasi milenial agar mampu menghadapi tantangan tersebut.

“Untuk merespon revolusi industri 4.0, pemerintah telah merancang road map yang bertema ‘Making Indonesia 4.0’ sebagai strategi memasuki era digital saat ini. Making Indonesia 4.0 menetapkan arah yang jelas bagi masa depan pembangunan nasional dan memperkuat struktur pembangunan khususnya perindustrian Indonesia, termasuk SDM yang andal serta keterampilan khusus untuk penguasaan teknologi terkini,” katanya.

Sehingga diharapkannya, lulusan Unimed sebagai generasi millenial meningkatkan kapasitas dirinya. Tidak hanya dengan penguasaan teknologi, tetapi harus dilengkapi penguasaan beberapa kompetisi lain diantaranya, kemampuan bahasa asing.

Rektor juga membeberkan untuk meraih peluang pasar, lulusan perlu memperkuat skill. Skil yang dibutuhkan dikatakannya complex proplem solving, critical thinking, creativity, people management, coordinating with other, emotional intelligence, judgemen and decision making, service orientasi.

“Dan untuk bidang yang dibutuhkan berdasarkan SDM yakni teknologi informasi, kepemimpinan dan socual skills, leraning skills dan kemampuan berkomunikasi melalui banyak Chanel,” sebutnya.

“Jadi untuk menghadapi itu semua lulusan diperlukan 3 langkah, lulusan harus terus belajar dan meningkatkan keterampilan diri, lulusan juga harus dapat memanfaatkan teknologi digital untuk memacu produktivitas dan ketiga lulusan harus berinovasi teknologi mellaui pengembangan start-up dengan memfasilitasi lembaga pendidikan dengan inkubasi bisnis,” ungkap Rektor, Syamsul dihadapan ribuan wisudawan dan orang tua serta wali wisudawan.

Rektor berpesan, agar lulusan menjaga nama baik almamater, menjadi insan lulusan Unimed yang memiliki kapasitas hard skill dan soft skill yang baik, dan memberikan kontribusi kepada unimed berupa masukan, kritik konstruktif, ide kreatif-solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *